7 Penyakit Pada Lansia Yang Bisa Dicegah Sejak Dini

Seiring dengan bertambahnya usia, tubuh juga sangat rentan mengalami penurunan kesehatan. Yah, meskipun tidak semua lansia akan mengalami hal ini, namun sebagian besar lansia sangat beresiko diserang oleh penyakit-penyakit di usia lanjutnya.

Penyakit Pada Lansia

Namun perlu diketahui juga, bahwa resiko mengalami penyakit-penyakit di usia lanjut dapat diminimalisir sedari sekarang. Tentunya dengan cara meningkatkan kualitas hidup secara keseluruhan. Dan selain itu penting juga untuk mengetahui kondisi kesehatan Anda saat ini, sehingga dengan mengetahui penyakit-penyakit yang mungkin diderita, Anda bisa menyesuaikan gaya hidup Anda sehingga resiko mengalami penyakit-penyakit lansia dapat ditekan.

Nah, berikut adalah 7 penyakit yang umum dialami oleh lansia;

1. Pengapuran Tulang

Penyakit pertama yang umum di alami oleh lansia adalah pengapuran tulang. Pengapuran tulang atau (osteoporosis)  merupakan kondisi dimana tulang rawan (bantalan sendi) mengalami kerusakan. Tulang rawan berfungsi untuk melindung ujung-ujung tulang dari gesekan antar tulang (persendian). Nah, ketika bantalan sendi ini rusak, maka tentu elastisitasnya akan berkurang, sehingga setiap gesekan yang terjadi akan menimbulkan rasa nyeri yang teramat sangat. Selengkapnya mengenai hal ini, Anda bisa temukan jawabannya di sendi-sehat.com.

Oia, untuk faktor penyebab pengapuran tulang ini masih belum terkonfirmasi dengan jelas, sebab bisa terjadi karena banyak faktor diantaranya karena kekurangan calsium, fosfor dan yang paling mungkin terjadi karena faktor usia. Dimana memang lansia lah yang paling rentan mengalami penyakit pengapuran tulang. Simak juga tips untuk cegah osteoporisis berikut ini.

2. Hipertensi

Hipertensi juga merupakan salah satu penyakit yang umum dialami oleh lansia. Hipertensi merupakan kondisi dimana tekanan darah meningkat sangat kronis sehingga dalam menimbulkan resiko pada organ jantung, pembuluh darah, ginjal dan organ tubuh lainnya.

3. Stroke

Stroke juga sangat berpotensi besar dialami oleh lansia. Saat pembuluh darah mengalami gangguan, darah akan berhenti mengalir ke otak. Jika darah tidak mengalir ke otak, maka supplay oksigen juga akan terhenti, sehingga otak akan mengalami krisis oksigen. Nah, kondisi yang demikian akan menimbulkan kematian secara mendadak.

4. Penyakit Kardiovaskular

Penyakit selanjutnya yang harus diwaspadai oleh lansia adalah penyakit kardiovaskuler atau dengan nama lain penyakit jantung koroner. Penyakit ini disebabkan karena menyempitnya pembuluh arteri yang memasuk darah ke jantung. Jika kondisi ini berlangsung secara terus-menerus maka jantung dapat secara mendadak berhenti berdetak. Inilah yang sangat berpotensi mengalami kematian secara mesterius, terutama saat melakukan olahraga.

5.  Kanker

Menurut infomasi yang di catut oleh American Cancer Society, kanker merupakan salah satu penyakit yang paling sering dialami ketika seseorang menginjak usia 55 tahun. Penyakit ini termasuk penyakit yang bisa di deteksi sejak dini. Karena penyebabnya paling besar adalah karena faktor kebiasaan dan gaya hidup seseorang.

6. Katarak

Katarak adalah gangguan penglihatan yang menyebabkan pandangan mata menjadi kabur (tidak terlihat jelas). Biasanya ditandai dengan area di lensa mata yang menjadi keruh. Katarak bisa disebabkan oleh banyak faktor, namun yang paling sering terjadi karena paparan sinar ultraviolet, kebiasaan merokok dan penderita diabetes.

7. Diabetes

Lansia juga sangat rentan mengalami masalah diabetes. Diabetes adalah kondisi dimana meningkatnya kadar gula darah, yang dapat menjadi awal dari timbulnya penyakit-penyakit lain. Penyakit ini dapat di cegah sejak dini, tentunya dengan cara mengubah kebiasaan hidup sehat dan rutin berolahraga minimal 30 menit setiap harinya.

Leave a reply "7 Penyakit Pada Lansia Yang Bisa Dicegah Sejak Dini"