Begini Cara Memilih Cat Kayu untuk Furniture Rumah

No comment 259 views

Memiliki rumah tidak hanya sekedar membeli dan menempatinya begitu saja. Tentu ada hal-hal lain yang juga tak kalah rutin yang harus dilakukan oleh si pemilik rumah, seperti merenovasi atap, perbaikan pada instalasi listrik dan air, hingga mengganti warna cat dinding dan juga warna pada berbagai furniture kayu yang ada. Tentu hal ini memang harus dilakukan agar keindahan rumah tetap terjaga.

Cara Memilih Cat Kayu untuk Furniture Rumah

Nah, khusus pada furniture kayu, seperti pintu, jendela, meja dan sebagainya. Pada rentang waktu tertentu biasanya akan mengalami perubahan warna sehingga akan berkurang keindahannya. Maka dari itu perlu dilakukan pengecetan ulang dengan menggunakan cat kayu untuk mengembalikan warna aslinya.

Perlu Anda ketahui juga bahwa dalam memilih cat kayu tidak bisa dilakukan secara sembarangan, bahkan jika Anda ingin melakukan pengecatan sendiri sekalipun. Karena beda furniture kayu, beda pula cat yang akan digunakan. Maka dari itu, agar Anda tidak salah dalam membeli cat dan cara pengaplikasiannya, berikut ini ada beberap tips yang mungkin akan berguna untuk Anda. Selengkapnya, silahkan simak ulasannya berikut ini;

  1. Pilih cat kayu sesuai dengan jenis kayu yang Anda gunakan

Anda harus mengetahui jenis kayu yang digunakan pada furniture yang ingin Anda cat, sebelum Anda memilih cat yang tepat. Misalnya jika Anda memiliki furniture yang terbuat dari bahan kayu jati, maka cat yang bisa Anda gunakan adalah cat yang mengandung bahan dasar air, sehingga serat kayu akan lebih menonjol. Begitu dengan kayu mahoni, jenis cat yang mengadung air juga bisa digunakan untuk menampilkan keindahannya. Hanya saja pada furniture kayu mahoni, Anda perlu melapisi dengan cairan anti rayap. Sebab, kayu mahoni tidak kuat terhadap serangan rayap. Sementara untuk furniture kayu yang berasal dari pinus sebaiknya menggunakan cat yang bisa menutupi seluruh permukaannya dengan sempurna.

Cara Memilih Cat Kayu untuk Furniture Rumah

  1. Pilih warna yang sesuai dengan konsep rumah Anda

Ini juga sangat penting, karena biasanya konsep furniture akan mengikuti konsep rumah yang digunakan. Jika rumah Anda memiliki konsep modern, akan bisa menggunakan warna-warna cerah pada furniture Anda. Namun jika konsepnya minimalis, biasanya akan didominasi dengan warna-warna yang soft ataupun netral.

  1. Sesuaikan dengan jenis furniture

Selanjutkan sesuaikan warna cat dengan jenis furniturenya. Jangan sampai penggunaan warna cat kayu yang tidak tepat, justru malah menghilangkan ciri khas furniture tersebut. Jika ingin lebih aman, maka gunakan saja warna standartnya.

  1. Kenali cara mengaplikasikannya

Untuk Anda yang melakukan proses pengecatan sendiri, maka sebaiknya Anda kenali terlebih dahulu cara pengaplikasiannya. Anda bisa bertanya pada penjual, ataupun melihat petunjuk yang ada pada kemasan cat. Jika masih kurang jelas, silahkan cari informasi lengkapnya melalui review-review yang banyak beredar di internet.

Leave a reply "Begini Cara Memilih Cat Kayu untuk Furniture Rumah"