Tips Mengirim Paket yang Aman dan Tidak Rusak

No comment 175 views

Entah mengapa hingga sampai dengan saat ini pandemi masih saja menghantui kehidupan bermasyarakat. Rasa khawatir akan penularan virus, memaksa orang untuk membatasi aktifitas di luar rumah, dan memilih untuk menghabiskan waktu ataupun bekerja dari rumah. Hal ini tentunya berdampak pada kebiasaan orang dalam berbelanja. Yang semula memilih berbelanja di toko retail, kini mulai marak bertransaksi online lewat layanan ecommerce. Peningkatan ini tentu memberikan pengaruh baik pada pengiriman paket/barang. Bahkan sejumlah perusahaan transportasi dan logistik mulai kebanjiran order karenanya. Salah satunya adalah Selog express yang notabene adalah salah satu lini bisnis dari PT. Serasi Autoraya (SERA).

Selog perusahaan pengiriman logistik terpercaya

Nah, sedikit ulasan mengenai Selog Express. Sebagai salah satu perusahaan pengiriman logistik terpercaya, Selog Express memiliki banyak sekali keunggulan, diantaranya:

  1. Contract Logistics

Layanan logistik Selog telah terintegrasi dengan baik mulai dari perencanaan, implementasi, hingga proses monitoring. Jadi pelaku bisnis tidak perlu khawatir akan kebutuhan logistik mereka. Selain itu Selog juga mengelola jasa contract logistics, yang dapat memudahkan proses import ataupun eksport kendaraan roda empat serta alat berat lainnya.

  1. Shipping Services

Jasa pengiriman dan transportasi laut (cargo) dari Selog telah menyandang reputasi yang baik. Shipping services mengutamakan pengiriman cargo terutama pada bidang industri otomotif, alat berat serta muatan lainnya.

  1. Shipping Agency

Selog juga menjalin kerjasama agensi dengan perusahaan pengiriman lain di luar negeri, seperti Jardine Shipping Services (JAS) dan lainnya.

  1. Freight Forwarding

Selog menyediakan jasa pengiriman dengan berbagai jenis moda pengakutan terutama khususnya untuk tujuan dalam negeri, dengan jaminan keamanan dan tepat waktu.

  1. Warehouse and Yard Management 

Selog juga membuka jasa pengelolaan dan penyimpanan barang dengan sistem Warehouse (WMS), yang memungkinkan pelanggan untuk dapat melihat stok barang secara real time.

  1. Courier Services

Ada beberapa jasa kurir yang disediakan oleh Selog, yakni same day service, next day service, dan reguler service. Dimana setiap layanan tersebut juga memiliki layanan khusus yang terdiri dari ambassador service, time definite service, VPD service dan height weight service

Oia, kembali ke topik awal. Bagi kamu yang sedang menjalankan bisnis dari rumah. Tentu kamu akan lebih sering mengirim barang/paket menggunakan layanan pengiriman logistik. Nah, biar paket yang kamu kirim aman dan tidak rusak selama dalam perjalanan, berikut ini ada beberapa tips yang bisa kamu gunakan;

1. Pilih Kemasan yang Kuat dan Tahan Air

Kardus, kantong plastik, bubble wrap dan isolasi merupakan bahan-bahan umum yang digunakan bila ingin melakukan pengemasan barang. Bahan-bahan ini terbilang kuat dan tahan air, kecuali kardus.  Maka dari itu, biasanya barang yang sudah dibungkus (dasar) oleh kardus , juga harus dilapisi lagi dengan kantong plastik untuk menjaganya agar tidak basah selama dalam perjalanan.

Penggunaan bubble wrap juga dibutuhkan untuk barang-barang yang sifatnya elektronik atau barang-barang yang mudah pecah. Dengan lapisan plastik bubble yang di dalamnya terdapat gelembung udara, setidaknya dapat menahan barang dari resiko terjadinya benturan. Dan tak hanya itu saja, untuk melindungi barang dari goncangan, juga perlu digunakan styrofoam ataupun potongan koran bekas.

2. Menggunakan Packing Kayu

Penggunaan packing kayu umumnya untuk barang-barang berupa elektronik berukuran besar seperti TV LED, Laptop dan sebagainya. Dengan adanya packing kayu ini, setidaknya paket yang di susun bertumpuk aman dari remuk ataupun benturan. Selain elektronik, barang-barang seperti guci, piring dan pecah belah lainnya biasa menggunakan packing kayu seperti ini.

Karena  packing seperti ini lebih sulit untuk dikerjakan sendiri, biasanya perusahaan pengiriman barang juga menerima jasa packing kayu di tempat. Jadi kamu cukup bawa saja paket kamu ke lokasi.

Itu lah beberapa hal yang perlu kamu lakukan agar barang/paket yang kamu kirim tetap dalam kondisi aman. Oia, pastikan pastikan kamu memilih layanan transportasi dan logistik terpercaya, dengan mendownload aplikasi TractoGo yang tersedia di Google Play Store maupun Apple Appstore.

Leave a reply "Tips Mengirim Paket yang Aman dan Tidak Rusak"