Cara Menghilangkan Lemak Susu Pada Dot Bayi

No comment 4351 views

Penggunaan dot bayi dalam jangka waktu yang lama, memang sering sekali menimbulkan permasalahan. Salah satunya yang paling sering terjadi adalah munculnya timbunan lemak pada dot. Timbunan lemak ini berasal dari susu yang dikonsumsi si kecil. Bisa itu lemak dari ASI ataupun susu formula. Nah, meskipun terkesan sepele, namun jika dibiarkan secara terus menerus, lemak tersebut akan menjadi sulit untuk dibersihkan. Maka itu harus segera di cari cara menghilangkan lemak susu pada dot bayi, agar kerusakan dot dalam diminimalisir.

Menghilangkan Lemak Susu Pada Dot

Umumnya, dot bayi akan mengalami kerusakan di usia pemakaian 6-10 bulan. Kerusakan itu dapat terjadi karena timbunan lemak ataupun proses pencucian yang tidak tepat. Lemak yang tidak dibersihkan secara sempurna dari dot, perlahan-lahan akan menjadi kerak, sehingga akan sangat menyulitkan untuk dibersihkan.

Nah, sebelum hal tersebut terjadi pada dot bayi Anda. Maka, ada beberapa hal yang sebaiknya Anda perhatikan. Lebih lanjut, berikut ini adalah cara menghilangkan lemak susu pada dot yang harus Anda ketahui;

  1. Cuci dot setelah digunakan

Jangan pernah menunda untuk mencuci dot bayi Anda begitu si kecil selesai menggunakannya. Selain akan menimbulkan bau yang tak sedap, dot yang tidak segera dicuci akan menyisakan lemak-lemak yang menempel di karet dot. Nah, jika dibiarkan terlalu lama, maka dapat menyebabkan lemak menjadi sulit untuk dibersihkan. Maka itu, Anda harus selalu mencuci dot, sesaat setelah di kecil menggunakannya.

  1. Gunakan air panas

Pada dasarnya, lemak dapat dipisahkan dari benda tempat ia menempel melalui proses perendaman dengan menggunakan air panas. Maka dari itu, jika lemak masih belum terlalu banyak yang mengendap, atau belum timbul kerak, Anda bisa merendam dot bayi dengan air panas. Namun, jika sudah timbul kerak pada dot bayi akibat lemak yang mengendap terlalu lama. Maka Anda harus melakukan cara yang ketiga.

  1. Menggunakan Acid

Cara lain yang bisa digunakan untuk menghilangkan lemak susu pada dot bayi adalah dengan menggunakan Acid (Citric Acid). Ini merupakan bahan makanan untuk memberikan cita rasa asam. Penggunaannya bebas sehingga dapat dibeli di toko bahan kue/ grosir sembako. Penggunaan Acid sebagai penghilang lemak susu yang menempel di dot cukup mudah. Siapkan air hangat, kemudian tuang 1 bungkus Acid dan aduk merata. Masukkan dot-dot bayi yang mau dibersihkan, diamkan hingga 1 jam, lalu bilas dengan air biasa. Lemak di dot bayi pun seketika akan luntur.

Leave a reply "Cara Menghilangkan Lemak Susu Pada Dot Bayi"