Berbagai Penyakit Pada Otot yang Harus Diwaspadai

Di dalam tubuh kita, terdapat lebih dari 40% otot. Otot adalah bagian dalam tubuh (organ) yang berfungsi sebagai penjaga postur tubuh, gerak tubuh, dan gerak organ dalam lain. Bila otot mengalami kerusakan, maka dapat dipastikan akan mempengaruhi segala fungsinya, sehingga dapat menimbulkan rasa nyeri yang hebat bahkan sangat memungkinkan terjadinya kelumpuhan. Begitu pula bila terjadi kelainan pada otot, maka fungsi otot pun akan ikut terganggu. Lantas, apa saja macam penyakit pada otot? Untuk lebih jelasnya, silahkan simak ulasannya berikut ini;

apa saja macam penyakit pada otot

  1. Distrofi otot

Penyakit pertama yang bisa timbul akibat otot yang mengalami gangguan adalah penyakit distrofi otot (Muscular dystrophy). Kemunculan penyakit ini ditandai dengan kondisi otot yang secara tiba-tiba melemah. Asal mula penyakit ini masih belum jelas, namun sangat mungkin diturunkan dari orang tua ke anak. Sehingga sangat mungkin terjadi pada orang yang semula baik-baik saja, namun secara mendadak otot-otot di tubuhnya menjadi lemah dan tidak bisa digerakkan lagi.

Yang lebih mengkhawatirkan lagi, penyakit distrofi otot ini bisa semakin parah seiring berjalannya waktu. Sebab, distrofi dapat mempengaruhi kinerja otot-otot pada jantung dan otot di organ dalam lainnya, sehingga dapat meningkatkan resiko kematian. Pengobatan distrofi juga tidak bisa dilakukan karena sampai dengan saat ini obat untuk distrofi belum ditemukan. Namun untuk mengurangi resiko yang ditimbulkan, bisa dilakukan dengan terapi dan pengobatan baik secara alami maupun medis.

  1. Penyakit Parkinson

Penyakit selanjutnya yang disebab oleh gangguan pada otot adalah penyakit Parkinson. Panyakit ini dapat menyebabkan gangguan pada otot terutama yang berkaitan dengan alat gerak tubuh. Sebab, sel-sel saraf di otak tidak cukup menghasilkan dopamin yang berfungsi sebagai hormon pengendali emosi.

Gejala penyakit parkinson ditandai dengan tremor yang terjadi di tangan, kaki, lengan, rahang hingga ke wajah. Kondisi ini dapat membuat tubuh menjadi kaku, lemah dan tidak mampu berdiri dengan seimbang. Biasanya parkinson akan dimulai dari salah satu sisi tubuh. Namun lama kelamaan akan mempengaruhi sisi lainnya. Jika parkinson terus dibiarkan tanpa melakukan pengobatan, maka dapat membuat penderitanya mengalami sulit jalan berbicara hingga dapat melumpuhkan organ gerak tubuh. Meskipun parkinson sering dialami oleh mereka yang sudah berusia lanjut, namun tak jarang juga terjadi pada mereka yang berada di kelompok usia di bawah 40 tahun.

  1. Keseleo

Keseleo atau terkilir ternyata masih ada hubungannya dengan otot. Kondisi ini dapat terjadi lantaran otot tertarik/terpuntir secara mendadak. Biasanya keseleo paling sering dialami oleh mereka yang suka melakukan aktifitas berat, seperti olahraga berat. Masalah otot yang satu ini dapat ditandai dengan rasa nyeri pada bagian sendi yang mendapat banyak tekanan berat, seperti pergelangan tangan, pundak, pangkal paha, pergelangan kaki hingga area sekitar leher. Selain itu keseleo juga sering dapat menimbulkan bengkak dan otot sulit untuk digerakkan.

  1. Kram

Kram juga bagian dari gangguan otot yang sangat sering dialami oleh seseorang. Kram biasanya terjadi pada area kaki/betis, perut ataupun leher. Kondisi ini dapat berlangsung selama beberapa detik hingga menit. Penyebab kram juga sangat beragam, diantaranya bisa karena dehidrasi, gangguan pada sirkulasi darah ke otot, kekurangan mineral tubuh, hingga karena adanya gangguan pada sistem saraf.

Leave a reply "Berbagai Penyakit Pada Otot yang Harus Diwaspadai"