4 Kegunaan Penanak Nasi, Selain untuk Menanak Nasi

No comment 227 views

Mesin penanak nasi atau rice cooker adalah peralatan elektronik wajib yang dimiliki di rumah. Sesuai dengan namanya, fungsi utama penanak nasi tentu adalah untuk menanak nasi. Ada tersedia banyak merek penanak nasi di pasaran. Namun ada satu yang paling banyak digunakan, apalagi kalau bukan philips penanak nasi.

philips penanak nasi

Bukan tanpa alasan mengapa penanak nasi merek ini sangat digemari. Pada seri-seri terbarunya, penanak nasi philips telah menggunakan teknologi smart 3d heating systemi yang membuat penyebaran panas menjadi lebih merata. Selain itu, bagian pot dalamnya juga sudah tidak lagi menggunakan bahan anti karat yang sering menimbulkan berbagai masalah kesehatan. Melainkan sudah menggunakan ProCeramic yang lebih aman, tahan gores serta anti lengket.

Menggunakan alat penanak nasi untuk memasak nasi memang sangat praktis dan hemat waktu. Anda hanya perlu meletakkan beras yang sudah di cuci bersih ke dalam penanak nasi, kemudian mengisinya dengan air hingga batas tertentu, lalu disambungkan ke aliran listrik, serta jangan lupa menekan tombol “cook”. Proses memasak nasi dengan rice cooker terbilang sangat cepat, Anda hanya membutuhkan waktu sekitar 30-35 menit hingga nasi masak dan menjadi tanak. Nah, dengan kemudahannya ini lah, wajar saja jika alat penanak nasi ini harus selalu tersedia di rumah.

Oia, dibalik fungsi dasar rice cooker untuk menanak nasi. Ternyata ‘ia’ juga memiliki kegunaan lain yang tak kalah penting, loh! Berikut ini adalah fungsi lain dari penanak nasi;

1. Memasak air

Siapa sangka jika penanak nasi juga sangat bisa diandalkan ketika di rumah mendadak kehabisan gas. Nah, salah satunya adalah untuk memasak air. Memasak air di penanak nasi memang sedikit lebih lama, namun tetap bisa loh untuk mendidihkan air. Anda hanya perlu meletakkan air bersih pada pot penanak nasi, tanpa menaruh beras ke dalamnya. Selanjutnya tinggal nyalakan seperti biasa. Tunggu beberapa menit, hingga air mendidih.

2. Merebus sayur

Penanak nasi juga bisa digunakan untuk membuat rebusan sayur. Namun sebelum meletakkan sayur ke dalam, pot rice cooker perlu di isi dengan air terlebih dahulu. Jika air sudah mendidih, selanjutnya Anda tinggal mencampur sayuran ke dalamnya. Anda juga bisa menambahkan aneka bumbu ke dalamnya, lalu tunggu hingga sayur lunak dan sajikan sebagai lauk untuk makan

3. Memasak mie instant

Memasak mie instant di dalam rice cooker juga umum dilakukan, loh! terutama oleh anak kost. Cara masaknya juga tidak jauh berbeda dengan merebus sayur. Anda hanya perlu meletakkan air bersih pada pot rice cooker kemudian didihkan. Jika sudah mendidih, letakkan mie beserta bumbu-bumbunya ke dalam. Lalu aduk-aduk hingga mie mateng sempurna. Oia, Anda juga menambahkan sayuran ke dalamnya, namun caranya sedikit berbeda. Air dan sayuran dimasukkan secara bersamaan. Jika sayuran sudah lunak, barulah menambahkan mie instant ke dalamnya.

4.  Membuat Kue Bolu

Rice cooker juga bisa digunakan untuk membuat kue bolu yang lezat. Ini sangat membantu sekali bagi Anda yang tidak memiliki oven di rumah. Cara membuatnya juga tidak sulit, Anda hanya perlu menempatkan adonan bolu pada pot rice cooker, sekitar setengah dari volume pot. Tapi sebelumnya, pot rice cooker diolesi margarine terlebih dahulu, untuk menghindari lengket. Selanjutnya tinggal di tanak seperti biasa. Tunggu hingga sekitar 1 jam. Jika sudah, tinggal angkat dan sajikan dengan topping kesukaan Anda.

Leave a reply "4 Kegunaan Penanak Nasi, Selain untuk Menanak Nasi"