Tips Memilih Hand Sanitizer yang Aman untuk Dipakai Anak-anak

Kondisi kulit anak-anak tentu tidak sama dengan orang dewasa. Kulit anak-anak lebih sensitif dibanding orang dewasa. Tak heran jika orang tua sering sekali menemukan tanda-tanda iritasi pada kulit si kecil yang bisa disebabkan oleh banyak hal. Salah satunya yang cukup sering terjadi saat ini adalah karena penggunaan hand sanitizer yang tidak sesuai.

hand sanitizer anak

Menggunakan hand sanitizer di masa pandemi seperti sekarang ini memang sangat dianjurkan oleh para pakar kesehatan. Sebab, ini merupakan langkah pencegahan awal untuk menanggulangi resiko terpaparnya tubuh oleh kuman penyebab penyakit. Namun sayangnya, penggunaan hand sanitizer sering kali tidak memperhatikan apa kandungan utama yang terdapat didalamnya. Sehingga hand sanitizer yang sepatutnya digunakan untuk orang dewasa, justru diberikan pada anak. Nah, jika seperti ini kondisinya, wajar! jika kulit anak akan mengalami iritasi, sebab terdapat zat di dalam hand sanitizer yang tidak aman bila terkena kulit anak-anak. Dari sini orang tua perlu berhati-hati dalam memberikan hand sanitizer pada anaknya. Sebaiknya jika orang tua ingin membiasakan anak menggunakan hand sanitizer, maka pilihlah hand sanitizer anak yang memang sudah diformulasikan untuk anak-anak.

Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa orang tua gunakan dalam memilih hand sanitizer untuk anak;

1. Pastikan tidak mengandung alkohol

Pada dasarnya kulit anak sangat in-tolerant terhadap zat kimia bernama alkohol. Pada kebanyakan hand sanitizer terkandung alkohol dengan kadar yang cukup tinggi, biasanya antara 60 hingga 95 persen. Hal ini tentu sangat tidak dianjurkan untuk diberikan pada si kecil. Sebab, jika ia menjilati tangan dan kemudian tertelan, tentu bisa sangat membahayakan kesehatannya. Selain itu, alkohol juga bisa menyebabkan kulit anak menjadi kemerahan. Sebab penggunaan alkohol memang bukan untuk anak-anak. Maka dari itu, pilihlah hand sanitizer yang mengandung 0% alkohol. Anda bisa menemukan banyak merek hand sanitizer anak di situs SehatQ. Beberapa merek yang paling banyak digunakan antara lain Pure Kids Antiseptic Hand Sanitizer, Neppi Hand Sanitizer Spray dan Dear Mom Hand Cleansing Foam Sanitizer serta masih banyak merek lainnya. Untuk lebih jelasnya, silahkan baca review selengkapnya situs SehatQ.

2. Aroma tidak menyengat

Kebanyakan hand sanitizer yang menggunakan alkohol menambahkan pewangi yang sangat menyengat. Ini memang sengaja diberikan dengan tujuan agar menyamarkan aroma alkohol yang pada dasarnya tidak sedap. Biasanya pewangi yang diberikan dari jenis lavender, citrus ataupun anggur. Nah, hand sanitizer yang seperti ini lah yang dikhawatirkan akan memicu rasa ingin menjilati tangan, saat si kecil saat menggunakan hand sanitizer. Tentu ini akan sangat berbahaya jika si kecil tidak sengaja untuk menjilati tangannya. Maka dari itu, pilihlah sand sanitizer dengan aroma yang tidak menyengat. Dan biasakan juga si kecil untuk langsung membersihkan tangan dengan tissue sesaat setelah ia menggunakan hand sanitizer.

3. Berbahan alami

Dalam memilih produk hand sanitizer yang akan digunakan oleh anak-anak, usahakan yang menggunakan bahan-bahan alami. Sehingga kalau pun sempat tertelan oleh anak-anak, resikonya tidak begitu fatal dan masih tergolong aman. Selain itu penggunaan bahan alami seperti aloe vera, daun sirih dan chamomile, juga tidak kalah efektifnya dalam membunuh kuman penyakit.

4. Pilih yang bertekstur cair

Berbeda dengan hand sanitizer untuk orang dewasa yang tekstur gel, biasanya hand sanitizer anak berbentuk cair. Ini dibertujuan akan lebih mudah dalam penggunaannya, karena bisa disemprotkan. Selain itu dengan bentuk yang cair yang akan lebih mudah diserap oleh kulit. Sehingga lebih aman untuk digunakan.

Leave a reply "Tips Memilih Hand Sanitizer yang Aman untuk Dipakai Anak-anak"