Tips Agar Tidur Nyenyak dan Berkualitas

No comment 90 views

Masalah sulit tidur (insomnia) tidak boleh dianggap sebuah hal yang sepele. Jika insomnia berlangsung secara terus-menerus maka bisa memberikan dampak yang kurang baik bagi kesehatan. Ada banyak resiko kesehatan yang bisa terjadi karena insomnia diantaranya adalah serangan jantung, obesitas, diabetes hingga timbulnya penyakit kanker. Dan yang luar biasanya lagi, ternyata tidak sedikit orang yang mengalami masalah sulit tidur ini. Hingga berbagai cara pun dilakukan untuk dapat tidur meskipun harus dengan mengkonsumsi obat tidur.

harga obat tidur

Mengkonsumsi obat tidur memang cukup ampuh untuk mengatasi masalah insomnia. Harga obat tidur pun pada dasarnya tidak mahal dan dapat di beli secara bebas. Namun penggunaannya sebagai solusi cepat mengatasi insomnia butuh petunjuk dari dokter. Sebab, jika digunakan dalam jangka waktu yang panjang, di khawatirkan akan memberi dampak yang kurang baik bagi kesehatan. Jadi, alangkah baiknya, sebelum memutuskan untuk mengkonsumsi obat tidur, lakukan hal-hal berikut ini agar tidur kamu lebih nyenyak dan berkualitas;

1. Hindari waktu tidur siang yang terlalu lama

Tidur siang memang sangat dianjurkan untuk menjaga tubuh tetap dalam kondisi sehat sepanjang waktu. Apalagi jika masih usia kanak-kanak dan remaja. Namun tidur siang sebaiknya tidak dilakukan secara terus-menerus dalam waktu yang lama. Waktu terbaik untuk tidur siang adalah sekitar 30 – 60 menit. Dan jika Anda kerap bermasalah dengan sulit tidur di malam hari, maka sebaiknya tidur siang jangan sampai lebih dari 60 menit.

2. Hindari makan dan minum kopi sebelum tidur

Makan malam diatas jam 8.00 sangat berisiko bikin kamu sulit untuk tidur setelahnya. Karena pada dasarnya sistem pencernaan membutuhkan waktu sekitar 2 jam untuk mencerna makanan. Nah, jika kamu makan di atas jam 8, maka tubuh kamu belum siap untuk beristirahat. Akibatnya, tidur kamu pun akan menjadi tidak nyenyak dan tidak berkualitas. Begitu pula jika kamu mengkonsumsi kopi. Kandungan kafein pada kopi, dapat merangsang sistem syaraf di tubuh kamu untuk tidak merasakan ngantuk. Terlebih jika kamu termasuk orang yang sangat sensitif dengan kafein. Maka bisa dipastikan insomnia akan terjadi.

3. Tidak olahraga berat pada malam hari

Hindari melakukan olahraga berat di malam hari. Jika kamu hobi bermain futsal di malam hari, maka sebaiknya rubah kebiasaan tersebut jika ingin mendapatkan waktu yang berkualitas untuk tidur. Pada dasarnya ketika malam hari, tubuh membutuhkan waktu untuk beristirahat. Nah, jika kamu paksakan untuk melakukan olahraga yang berat, maka yang terjadi justru adalah kamu akan semakin mengalami kesulitan untuk tidur. Jika pun bisa tertidur, akan menjadi tidur yang tidak berkualitas. Sebagai solusinya, kamu tetap bisa berolahraga malam, namun tidak olahraga yang berat, seperti yoga dan sejenisnya.

4. Hindari menggunakan gadget menjelang waktu tidur

Menggunakan gadget terutama ponsel menjelang tidur memang tidak dianjurkan. Hal ini dikarenakan gadget dapat merangsang otak sehingga tubuh dan fikiran kamu ‘lupa’ akan rasa lelah. Selain itu, penggunaan gadget juga akan menyita waktu sehingga tanpa kamu sadari kamu sudah membuang waktu berjam-jam yang seharusnya bisa kamu gunakan untuk tidur. Maka dari itu, jauhkan seluruh gadget kamu saat akan tidur. Dengan begitu kamu bisa tidur lebih awal dan bangun dengan tubuh yang bugar.

Leave a reply "Tips Agar Tidur Nyenyak dan Berkualitas"