Cara Mengatasi Rasa Mual Pada Saat Hamil

No comment 134 views

Rasa mual pada saat hamil adalah sesuatu hal yang biasa terjadi. Ini paling sering dialami pada fase trimester 1 hingga ke-2. Namun juga tidak jarang berlanjut hingga ke fase trimester 3. Yah.. meskipun kondisi ini bukanlah sesuatu yang membahayakan, namun rasa mual yang muncul secara tiba-tiba jelas sangat menyiksa. Anda harus sering bolak-balik ke kamar mandi akibat mual yang memang sulit untuk dikendalikan. Alhasil waktu untuk istirahat pun menjadi berkurang karenanya.

Rasa mual pada saat hamil

Mual di awal-awal kehamilan sebenarnya masih bisa dikendalikan dengan cara menerapkan pola atau gaya hidup yang sehat. Nah, berikut ini adalah cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi rasa mual di masa kehamilan;

1. Konsumsi air putih

Rasa mual bisa ditekan dengan rutin mengkonsumsi air putih. Saat hamil, tubuh akan kekurangan banyak cairan sehingga kebutuhan akan air pun sewajarnya meningkat. Untuk terhindar dari resiko dehidrasi, maka sebaiknya Anda mengkonsumsi lebih banyak air putih. Minum 10 atau 12 gelas air per hari, dapat membantu menjaga pasokan cairan di dalam tubuh Anda.

Hindari mengkonsumsi minuman yang berbahan pemanis buatan, minuman yang terlalu dingin, minuman bersoda apalagi minuman yang mengandung alkohol. Sebab, jenis minuman seperti ini dapat memperparah kondisi tubuh Anda, dan sangat beresiko pada janin yang Anda kandung.

2. Makan dengan porsi kecil, tapi sering

Saat hamil Anda akan merasakan banyak sekali perbedaan yang terjadi pada tubuh Anda, termasuk sering merasa lapar. Yah, kondisi ini memang wajar, sebab Anda harus berbagi nutrisi dengan si kecil yang berada di dalam perut Anda.

Namun meskipun perut Anda sangat lapar. Hindari makan yang membuat perut Anda terlalu kenyang. Sebab, perut yang terlalu kenyang dapat memperberat kerja sistem percernaan sehingga akan membuat rasa mual semakin bertambah. Sebaiknya, jika Anda merasa sangat lapar. Cobalah untuk makan dalam porsi yang kecil, dan lakukan sesering mungkin untuk mengurangi rasa mual yang terjadi.

3. Hindari makanan pedas

Berdasarkan catatan medis, salah satu pemicu mual ketika hamil adalah meningkatnya Gastroesophageal Reflux Disease (GERD). Ini kondisi dimana seseorang mengalami mulas akibat peningkatan asam lambung. Nah, makanan yang pedas adalah satu hal yang menjadi pemicu meningkatnya asam lambung.

Ketika asam lambung meningkat, secara otomatis akan menimbulkan rasa mual. Jika sudah seperti itu, maka Anda bisa mengkonsumsi obat dari golongan antasida untuk menetralkan kadar asam lambung. Namun yang perlu diperhatikan, penggunaan antisida tidak boleh diberikan dalam jangka waktu yang panjang untuk wanita hamil. Jika setelah minum antasida mulas terus berlanjut, sebaiknya konsultasikan ke dokter kandungan untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

4. Istirahat yang cukup

Diawal kehamilan, tubuh memang membutuhkan waktu istirahat yang lebih banyak. Makanya ibu hamil biasanya lebih sering mengantuk. Jika seperti ini kondisinya, baiknya jangan Anda paksakan untuk terus beraktifitas. Beristirahatlah yang cukup terutama pada malam hari. Normalnya Anda membutuhkan waktu istirahat selama 8 jam setiap malam. Dan jangan lupa untuk selalu menyempatkan diri, untuk tidur di waktu siang. Sehingga dengan begitu tubuh Anda akan lebih rileks dan dapat meredam rasa mual pada masa hamil.

Leave a reply "Cara Mengatasi Rasa Mual Pada Saat Hamil"