Jenis Investasi yang Menjanjikan Keuntungan Besar

No comment 373 views

jenis investasi yang menguntungkan

Membangun sebuah bisnis tentu bukan perkara yang mudah. Butuh waktu dan modal yang besar untuk bisa menjalankan. Anda harus melewati berbagai tahapan untuk dapat sampai pada tahap sukses. Namun, jika Anda tidak termasuk orang yang sabar dalam menjalani setiap tahapannya, maka investasi adalah salah satu bisnis yang mungkin cocok untuk Anda. Perlu Anda ketahui, saat ini ada banyak jenis investasi yang menguntungkan yang bisa dipilih. Olehnya, Anda tidak perlu menunggu waktu yang lama untuk bisa memperoleh keuntungan. Karena pada dasarnya Anda hanya perlu mengikuti sistem dan tren yang berlaku saat itu. Nah, berikut ini adalah jenis-jenis investasi yang bisa Anda pilih;

1. Emas

Sejak lama emas dikenal sebagai investasi yang sangat aman dan menguntungkan. Meskipun nilainya keuntungannya tidak besar. Namun jika Anda berinvestasi dalam jumlah yang besar, maka hasil yang diperoleh juga tidak main-main. Perlu Anda ketahui bahwa harga jual emas itu cenderung naik setiap tahunnya. Sehingga emas juga disebut sebagai investasi yang sangat minim resiko resiko inflasi.

Selain keuntungannya, investasi emas juga memiliki sedikit kelemahan. Hal ini dikarenakan investasi emas adalah investasi dengan wujud fisik, sehingga Anda perlu tempat yang aman untuk menyimpannya. Tapi syukurnya saat ini, beberapa lembaga keuangan (Bank) menawarkan fasilitas titip emas. Sehingga Anda dapat menggunakan jasa bank untuk menjaga emas Anda jika dalam jumlah yang besar.

2. Tanah dan properti

Selain emas, investasi lain yang juga menjanjikan keuntungan yang besar adalah tanah dan properti. Investasi ini sangat minim terjadi penurunan nilai. Justru, kemungkinan mengalami kenaikan setiap tahunnya sangat mungkin terjadi. Hal ini terjadi lantaran kebutuhan properti yang sangat tinggi. Sehingga secara otomatis akan membuat harga jual tanah atau properti mengalami peningkatan yang signifikan.

Namun investasi jenis ini juga memiliki sedikit kelemahan. Anda perlu mengeluarkan sejumlah dana setiap tahunnya untuk membayar pajak ataupun melakukan rehap.

3. Saham

Saham merupakan salah satu investasi dengan keuntungan yang sangat besar. Nah, jika Anda memiliki strategi yang mantap, investasi di saham pastinya dapat memberikan keuntungan yang berlipat-lipat dalam waktu yang relatif singkat.

Namun perlu Anda ingat juga, saham termasuk salah satu investasi yang ‘High Risk High Return’, sehingga Anda juga harus benar-benar bersiap untuk menanggung segala resiko yang terjadi. Sebab jika perusahaan tempat Anda menanam saham mengalami masalah, maka akan mempengaruhi nilai saham perusahaan tersebut. Dan imbasnya nilai saham Anda pun akan mengalami penurunan.

Oia, Anda yang berinvestasi di saham akan mendapatkan keuntungan melalui dua cara. Yakni lewat capital gain dan dividen. Capital gain adalah keuntungan yang diperoleh jika Anda menjual saham saat harga saham tersebut tinggi. Dengan kata lain, capital gain adalah selisih harga saham saat Anda membeli dan menjual. Sedangkan dividen adalah bagi hasil keuntungan oleh perusahaan terhadap pemegang saham. Nilainya tentu bervariasi tergantung berapa banyak saham yang Anda miliki.

4. Reksadana

Ini merupakan salah satu bisnis investasi yang sedang di lirik kaum muda yang melek finansial. Yah, ini dikarenakan investasi reksadana sangat minim resiko dan mudah dipantau kapan saja. Proses pembelian reksadana juga sangat mudah dan nantinya Anda akan dibantu oleh manajer investasi (MI) dalam mengelola reksadana.

Berbeda dengan investasi saham yang menjanjikan keuntungan yang besar. Reksadana tidak memberikan keuntungan yang setara dengan itu. Hal ini dikarenakan hasil yang Anda peroleh bergantung pada pada kemampuan manajer investasi dalam mengelola reksadana. Anda hanya menerima deviden saja. Dan itupun akan dibagikan secara merata antar pemilik reksadana lainnya. Maka itu, investasi jenis ini hanya cocok untuk Anda yang baru memulai berinvestasi.

Leave a reply "Jenis Investasi yang Menjanjikan Keuntungan Besar"