“Literally” pada Kata yang Tepat 

No comment 322 views

Pernahkah kamu mendengar bahasa yang terkenal hit dari kalangan anak Jaksel (Jakarta Selatan)? Kalau kamu pernah mendengar orang berbicara atau ngobrol sambil menambahkan kata-kata “literally”, “which is”, “prefer”, “better”, “like”, dan lain sebagainya, itulah yang sering disebut dengan bahasa anak Jaksel. Hm Jangan-jangan, kamu sendiri kalau ngobrol pakai bahasa anak Jaksel nih? Penggunaan bahasa campuran seperti itu tidak hanya dilakukan oleh anak Jakarta Selatan saja loh, tapi kenapa ya disebutnya sebagai bahasa anak Jaksel? Dalam ilmu kebahasaan, penggunaan bahasa campuran disebut dengan code-mixing, bukan bahasa anak Jaksel. Orang-orang yang biasa melakukan code-mixing bisa menyisipkan kata, frasa, klausa dan bahkan idiom dari bahasa lain ke bahasa yang mereka gunakan sehari-hari.

Kali ini, kita nggak akan membahas tentang code-mixing, tapi kita akan membahas salah satu kata yang paling sering digunakan dalam bahasa anak Jaksel yaitu “literally”. Dalam bahasa Indonesia, literally artinya adalah “secara harfiah” dan masuk ke dalam kelompok kata keterangan atau adverb. Kata literally sendiri sifatnya denotatif, bukan konotatif. Jadi, kamu hanya bisa menggunakan kata tersebut di waktu-waktu tertentu nih.

  1. Menyampaikan Sesuatu yang Bermakna “Secara Harfiah”

Pada dasarnya, literally bermakna “in literal way” atau “secara harfiah”. Seperti yang disebutkan di atas, arti literally di sini bersifat denotatif atau arti yang sesungguhnya, sebenar-benarnya, dan bukan kiasan. Contoh penggunaan literally seperti ini :

“She meant it a joke, but he took it literally”

  1. Memberi Penekanan pada Pernyataan

Kata literally di sini akan digunakan untuk memberi penekanan pada statement (pernyataan) atau description (deskripsi) yang benar dan akurat, walaupun pernyataan tersebut mungkin terdengar mengejutkan. Nah, kalau di sini kata literally memiliki sinonim dengan kata actually atau really yang artinya “benar-benar”.

  1. Bentuk Informal

Kata literally pun dapat digunakan dalam bentuk informal. Jadi, kata literally bisa kamu sisipkan untuk memberi penekanan pada pernyataan yang tidak benar atau tidak mungkin secara harfiah. Bingung ya? Ayo kita lihat contohnya :

“She literally stole my heart by her amazing personality”

Itulah definisi dan penggunaan yang tepat untuk literally, semoga kamu tidak salah dalam menggunakannya ya! dan masukan ini ke dalam kosa kata Bahasa Inggris mu yang sudah berhasil kamu pelajari.

Leave a reply "“Literally” pada Kata yang Tepat "