4 Kebiasaan Yang Dapat Membuat Mulut dan Gigi Sehat

No comment 510 views

Gigi Sehat

Mulut dan gigi merupakan organ tubuh bagian atas pada manusia yang harus mendapat perhatiaan yang serius. Sebab, kedua organ ini saling berkaitan dan bila salah satunya mengalami masalah maka akan menimbulkan komplikasi bahkan hingga ke seluruh tubuh. Oleh karena begitu pentingnya kedua organ tubuh ini bagi kita, maka tidak ada cara lain selain menjaga kebersihan mulut dan gigi. Dengan Mulut dan gigi sehat, maka tubuh pun akan menjadi sehat.

Ada banyak sekali penyakit yang berkaitan dengan mulut dan gigi. Penyakit jantung dan paru-paru merupakan sebagian penyakit yang bersumber dari mulut dan gigi. Saat seseorang bermasalah dengan kesehatan mulut/gigi, maka orang tersebut sangat rentan terkena penyakit kardiovaskular ataupun pneumonia. Maka dari itu, sangat penting bagi kita untuk selalu menjaga kesehatan mulut dan gigi.

Nah, berikut ini adalah beberapa kebiasaan baik yang bisa membuat mulut dan gigi terjaga kesehatannya;

  1. Sikat Gigi Secara Perlahan 

Menyikat gigi merupakan proses untuk menghilangkan/mengangkat kotoran (sisa makanan) yang masih menempel pada sela-sela gigi. Menyikat gigi tidak perlu dilakukan secara tergesa-gesa apabila terlalu keras dalam menyikat. Pada gigi, terdapat lapisan enamel yang berfungsi untuk melindungi gigi dan memberikan warna pada gigi. Nah, lapisan ini sangat mudah rusak jika Anda terlalu keras dalam menyikat gigi. Belum lagi gusi yang sangat rentan dengan gesekan. Menyikat gigi dengan keras dapat membuat gusi robek sehingga menimbulkan perdarahan hingga bengkak.

Nah, sebaiknya jika Anda menyikat gigi. Lakukanlah secara perlahan dan lembut, ke seluruh bagian gigi, sela-sela gigi dengan gerakan memutar. Dan lakukan proses menyikat selama 2 menit untuk mendapatkan hasil yang bagus.

  1. Sikat Gigi Dua Kali Sehari

Jika Anda tidak memiliki waktu yang cukup untuk menyikat gigi. Maka Anda cukup menyikat gigi minimal dua kali dalam sehari. Anda bisa mulai aktifitas menyikat gigi setelah bangun pagi dan sebelum tidur. Ini berfungsi untuk menghilangkan kuman dan sisa makanan yang menumpuk pada sela-sela gigi. Selain itu, Anda juga perlu menyikat bagian lidah menggunakan sisi bagian atas sikat gigi. Hal ini bertujuan untuk menghilangkan kuman yang biasanya menempel di lidah.

  1. Gunakan Pasta Gigi yang Mengandung Fluoride

Saat Anda membeli pasta gigi, maka pilihlah pasta gigi yang mengandung fluoride. Fluoride merupakan unsur alami yang biasa ditemukan pada air minum ataupun makanan yang kita konsumsi. Nah, senyawa ini sangat berguna sekali bagi gigi, yakni dapat menguatkan lapisan enamel pada gigi. Selain itu, fluoride juga berguna untuk melindungi gigi dari kerusakan yang biasa disebabkan oleh kuman penyakit. Karena begitu pentingnya zat ini, pastikan pasta gigi Anda sudah mengandung fluoride.

  1. Perbanyak Minum Air Putih 

Meminum minuman bersoda ataupun yang memiliki cita rasa manis memang sangat menyenangkan. Namun siapa sangka, di balik manisnya minuman tersebut ternyata dapat mengancam kesehatan mulut dan gigi Anda, loh!

Jenis minuman seperti itu sangat disukai oleh kuman penyakit untuk tinggal dan berkembangbiak pada mulut/gigi Anda. Jika Anda terlalu sering mengkonsumsinya maka dapat menimbulkan berbagai masalah mulut dan gigi seperti bau mulut, karies gigi dan gigi berlubang.

Sebaiknya, tinggalkan kebiasaan minuman minuman bersoda (yang terlalu manis). Perbanyaklah minum air putih, karena air putih jauh lebih baik dalam menjaga kesehatan mulut dan gigi. Tak hanya itu saja, air putih juga dapat melarutkan asam yang dihasilkan oleh bakteri dari makanan/minuman yang Anda konsumsi. Dengan asam yang terlarut tersebut, dapat membuat nafas menjadi lebih segar dan terhindar dari masalah bau mulut.

Leave a reply "4 Kebiasaan Yang Dapat Membuat Mulut dan Gigi Sehat"