Tujuan Proses Dewatering dan Metode untuk Mengerjakannya

Sewa Dewatering

Proses pengeringan atau disebut juga dewatering pada industri pertambangan adalah hal yang sangat esensial. Pasalnya, dalam setiap pertambangan tentu dilakukan penggalian hingga jauh ke bawah tanah. Saat dilakukan penggalian maka akan keluar rembesan air tanah yang menyebabkan tanah tidak dapat digali. Oleh sebab itulah dibutuhkan jasa dewatering untuk mengeringkan air tanah pada areal tambang seperti yang ada di https://sewatama.com/jasa-dewatering/.

Tujuan Dilakukannya Proses Dewatering

Proses pengeringan air yang menggenang pada areal pertambangan atau dewatering adalah proses yang sangat mendasar dan penting pada setiap proses pertambangan. Dilakukannya dewatering tambang bertujuan agar dasar galian tambang tetap kering. Pasalnya tentu sangat tidak mungkin menggali tambang yang tergenang air.

Untuk menjaga agar tanah tetap dalam kondisi kering setelah digali, maka jasa dewatering pertambangan akan menurunkan elevasi muka air tanah hingga sebesar 0,5 meter sampai 1 meter kurang dari dasar galian. Dilakukannya dewatering dapat menurunkan risiko terjadinya sand boil serta penggerusan tanah pasir karena erosi buluh.

Tujuan dewatering lainnya adalah untuk mencegah rembesan air serta membuat tanah lebih stabil. Dewatering juga bertujuan untuk menurunkan tekanan lateral pada tanah.

Metode Open Pumping pada Dewatering

Salah satu metode yang kerap digunakan pada jasa dewatering adalah metode open pumping. Metode ini dilakukan dengan beberapa pertimbangan berikut:

  1. Kondisi Tanah

Metode open pumping hanya dapat dilakukan pada tempat dengan lubang galian yang tidak begitu dalam. Selain itu, karakteristik tanah yang bisa dilakukan open pumping yakni tanah yang padat, berkohesi dan gradasinya baik. Selain itu air yang dipompa tidak terlalu besar debitnya.

  1. Kelebihan Metode Open Pumping

Metode open pumping memiliki kelebihan berupa biaya pengerjaan yang lebih murah. Waktu pengerjaan metode open pumping juga lebih cepat karena hanya perlu membuat lubang galian yang mengumpulkan air pada tempat tersebut untuk disedot ke luar.

Berbeda dengan jasa dewatering lainnya, PT Sumberdaya Sewatama menawarkan jasa dewatering menggunakan metode open pumping yang telah dilengkapi oleh genset yang sesuai. Perusahaan yang telah bergerak di bidang penyewaan genset dan konstruksi pembangkit listrik selama lebih dari 22 tahun ini telah melayani banyak klien dalam bidang industri minyak dan gas yang membutuhkan sewa genset serta dewatering areal tambang.

Leave a reply "Tujuan Proses Dewatering dan Metode untuk Mengerjakannya"