7 Persiapan untuk Menjadi Mahasiswa Baru

No comment 213 views

Pendaftaran Mahasiswa BaruSumber: grid.id

Tahun ajaran terakhir di SMA sudah berakhir. Masa kuliah sudah di depan mata. Selain mempersiapkan diri untuk mengikuti pendaftaran mahasiswa baru 2020 di perguruan tinggi, tentu kamu juga harus mempersiapkan diri ketika awal-awal menjadi mahasiswa.

Menghadapi tahun ajaran baru di dunia perkuliahan tentu berbeda dengan masa SMA. Ada beberapa hal yang harus dipersiapkan sebelum benar-benar menjajakkan kaki di dunia kampus.

Nah, jika kamu masih belum tahu apa saja yang harus dipersiapkan untuk menghadapi masa kuliah, di bawah ini ada 5 persiapan untuk menjadi mahasiswa baru yang bisa kamu ikuti.

Apa saja persiapan itu? Berikut ulasannya:

  1. Lakukan Riset Mengenai Kampus dan Jurusan yang Diambil

Tips pertama adalah melakukan riset mengenai apa saja kegiatan yang bisa diikuti di kampus dan mata kuliah seperti apa yang akan kamu ikuti nanti.

Riset ini berguna agar kamu lebih memahami bagaimana kehidupan kampus yang akan kamu tuju. Selain itu, dengan melakukan riset seperti ini kamu akan lebih bisa menyesuaikan diri dan mengerti bagaimana atmosfer dunia perkuliahan sebenarnya.

  1. Membuat Daftar Kebutuhan Kuliah

Persiapan selanjutnya adalah membuat daftar mengenai barang yang akan dibutuhkan selama kuliah nanti. Hal ini tidak hanya berlaku bagi kamu yang akan merantau, melainkan kepada semua mahasiswa baru.

List kebutuhan ini akan membantu kamu dalam mempersiapkan hari pertama kuliah. Jadi, tidak ada barang yang akan terlewat. Beberapa contoh kebutuhan kuliah adalah laptop, buku, baju kemeja, beberapa pena, dan lain sebagainya.

  1. Belajar Mengatur Keuangan

Berbeda dengan masa SMA dimana kamu masih bisa boros, dalam dunia perkuliahan kamu harus benar-benar mampu mengelola keuangan sendiri. Pengeluaran untuk tugas kuliah akan cukup menguras dompet jika tidak pintar mengaturnya. Hal ini terutama harus dipelajari oleh kamu yang ingin kos, ya.

  1. Mencari Tahu Organisasi Apa yang Bisa Diikuti

Mahasiswa identik dengan yang namanya aktivis. Tidak heran, mahasiswa dan organisasi memang tidak bisa dipisahkan. Organisasi akan berguna untuk mengasah soft skill yang kamu miliki.

Cari tahu serba-serbi organisasi yang ada di kampus baru. Kemudian tentukan organisasi mana yang akan kamu ikuti. Jangan malu bertanya kepada teman atau senior mengenai informasi organisasi.

  1. Belajar Menyeimbangkan Waktu Belajar dan Berorganisasi

Nah, jika sudah memilih organisasi apa yang akan diikuti, langkah selanjutnya adalah belajar membagi waktu antara kuliah dengan kegiatan organisasi. Ini penting agar kamu tidak terlalu tenggelam pada organisasi sampai melupakan studi yang akan ditempuh.

  1. Tentukan Target Selama Kuliah

Kamu tentu tidak ingin kuliah hanya sekedar kuliah kemudian lulus, bukan? Nah, oleh karena itu menentukan target selama kuliah sangat penting. Misalnya lulus tes TOEFL pada semester 4, mendapat IPK 3.7, mengikuti lomba karya tulis ilmiah, dan lain sebagainya.

Ambil buku atau karton besar dan tuliskan targetmu di dalamnya. Tuliskan juga langkah apa yang harus kamu ambil agar target tersebut tercapai. Jika sudah masuk kuliah dan ada target yang bentrok, jangan ragu untuk merevisinya.

  1. Lupakan Dunia SMA dan Mulai Beradaptasi

Adaptasi adalah hal yang yang paling penting dilakukan. Lingkungan kuliah sangat berbeda dengan SMA. Ada fase dimana kamu akan merasa bahwa kuliah adalah hal yang sulit.

Tetapi tidak perlu panik, fase tersebut akan lewat dengan sendirinya dan kamu akan menemukan keseruan dunia kuliah. Yang perlu dilakukan adalah beradaptasi. Jangan ragu untuk membagi cerita dengan teman jika kamu mengalami kesulitan.

Sebagai mahasiswa baru, rasa excited tentu ada. Tapi jangan sampai euphoria itu justru membuat kamu lupa melakukan persiapan menjelang masuk kuliah.

Nah, ingin mendapatkan tips seputar kampus dan informasi mengenai pendaftaran universitas Janabadra lebih lanjut? Unduh saja aplikasi GoKampus untuk mendapatkan informasi dan tips menarik lainnya.

Leave a reply "7 Persiapan untuk Menjadi Mahasiswa Baru"