Cek Deteksi Awal Virus Corona, Gratis!

1 comment 109 views

Cek Virus Corona

Covid-19 atau yang biasa dikenal dengan nama virus corona merupakan sebuah virus yang paling mematikan saat ini. Tak tanggung-tanggung, ribuan orang telah meninggal dunia akibat terinfeksi makhluk berukuran mikroskopik ini. Virus corona semakin ditakuti lantaran penyebarannya yang begitu cepat. Virus ini bahkan dapat hidup di segala iklim, jadi wajar saja jika Indonesia merupakan salah satu negara yang paling beresiko atas penyebaran virus mematikan tersebut.

Saat ini, informasi mengenai virus corona sudah sangat terbuka dan dapat di akses kapan pun. Anda bisa menemukan informasi lengkap mengenai keberadaan virus corona di Indonesia melalui halaman resmi situs Halodoc. Di Halodoc, Anda juga bisa melakukan pengecekan awal untuk deteksi virus corona. Cek virus corona ini bisa dilakukan secara mandiri dan pastinya, gratis! Nanti lewat layanan skrining covid-19 ini, Anda akan dihadapkan dengan beberapa pertanyaan mengenai kondisi kesehatan Anda. Jika Anda menjawab tes tersebut dengan jujur, maka akan didapatkan hasil skrining awal, apakah Anda memiliki gejala covid-19 atau tidak. Selanjutnya, hasil tes ini bisa menjadi bahan pertimbangan Anda untuk segera melakukan tindak lanjut, seperti dengan melakukan isolasi mandiri atau segera berobat ke rumah sakit terdekat.

Nah, karena begitu berbahaya-nya virus corona ini, ada baiknya mulai dari sekarang Anda kenali gejala-gejala bila terserang virus corona berikut ini;

  1. Ciri-Ciri Terinfeksi Virus Corona secara Umum

Gejala awal virus corona sebenarnya sangat mirip dengan flu, yakni Anda akan merasakan demam, batuk kering, kelelahan, hingga yang paling berat adalah Anda akan mengalami sesak napas. Hal ini terjadi lantaran virus corona menyerang sistem pernafasan (paru-paru) sehingga akan menimbulkan pneumonia. Biasanya mereka yang terpapar virus corona selama 5-7 hari, akan mengalami sakit dan sistem imun mengalami penurunan. Namun gejalanya sudah bisa terasa sejak 2 – 14 hari setelah terpapar.

  1. Diare

Informasi terbaru yang bersumber dari WHO, demam yang disertai dengan diare menjadi salah satu gejala awal terpaparnya virus corona ini. Hal ini disimpulkan setelah beberapa pasien covid-19 juga mengalami gejala gastrointestinal, terutama diare, muntah dan sakit perut. Namun perlu di garis bawahi adalah, diare bukanlah satu-satunya penentu apakah seseorang positif covid-19. Sebab tidak sedikit pula orang yang terinfeksi, tidak mengalami diare terlebih dahulu.

  1. Gejala Pernapasan

Hal yang juga patut diwaspadai adalah, virus corona itu menyerang sistem pernapasan manusia. Banyak orang dengan penyakit bawaan misalnya asma, bronkitis dan sebagainya akan semakin parah setelah terinfeksi virus corona. Bahkan jumlah kematian tertinggi karena virus corona, akibat penyakit bawaan yang berkaitan dengan pernapasan. Bila seseorang terpapar virus corona, akan timbul rasa sesak yang sangat hebat dan juga nyeri di sekitar dada. Nah, jika kondisinya sudah seperti ini, mau tidak mau Anda harus segera di bawa ke rumah sakit untuk mendapatkan penanganan medis.

  1. Terinfeksi Tanpa Gejala

Hal yang paling mengkhawatirkan dari mewabahnya virus corona ini adalah ketika seseorang yang terinfeksi namun tanpa adanya gejala. Ini kondisi yang paling sulit dideteksi, sebab orang yang terinfeksi tanpa gejala biasanya dalam kondisi sehat, dan dapat beraktifitas dengan normal. Namun orang tersebut justru akan menjadi reseptor bagi orang lain, sehingga virus corona dapat menyebar lebih luas lagi. Maka dari itu, Anda harus terus waspada dan tetap patuh pada protokol kesehatan dengan melakukan social distancing, dan selalu menggunakan masker saat beraktifitas di luar rumah.

  1. author

    Riski Saputra1 month ago

    dengan mendeteksi diawal, bisa banget bikin kita lebih aware dan langsung memperhatikan tubuh dengan detail. asal jangan sampai membuat kita cemas berlebihan apabila ada salah satu ciri di atas pada diri kita. bukan begitu ? tetap tenang dan jaga kesehatan hehehe

    Reply

Leave a reply "Cek Deteksi Awal Virus Corona, Gratis!"