Jenis-Jenis Akuntansi dan Penjelasannya

No comment 141 views

Aplikasi Akuntansi Gratis

Aplikasi Akuntansi Gratis kini banyak Anda temukan, tetapi setiap aplikasi memiliki kualitas sendiri-sendiri. Akuntansi menjadi bagian penting dalam perusahaan ketika ingin mengelola bisnis dengan baik. Namun sebagian besar orang masih belum memahami jenis-jenis akuntansi. Nah, berikut ini beberapa jenis akuntansi beserta penjelasannya.

Beberapa Jenis Akuntansi beserta Penjelasannya

1. Akuntansi Keuangan

Aplikasi Akuntansi Gratis kini bisa Anda dapatkan dan cukup menginstalnya di android maupun iPhone Anda.salah satu jenis akuntansi yaitu Akuntansi Keuangan yang merupakan akuntansi berkaitan dengan pencatatan transaksi keuangan dan penyajian laporan keuangan perusahaan. Laporan disajikan bertujuan untuk memberikan kemudahan bagi pihak yang membutuhkan dan berkepentingan.

2. Akuntansi Manajemen

Sesuai dengan namanya, Akuntansi Manajemen adalah sebuah akuntansi yang berhubungan atau berkatan dengan kegiatan manajemen pada sebuah perusahaan. Akuntansi ini menghasilkan informasi kuantitatif dan kualitatif. Perbedaan dari akuntansi manajemen dengan keuangan yaitu  data yang digunakan disajikan dalam bentuk informasi relevan tidak hanya historis saja. Akuntansi manajemen juga menggunakan data taksiran dalam kegiatan operasionalnya

3. Akuntansi Perbankan

Akuntansi Perbankan merupakan akuntansi yang berkaitan dengan kegiatan operasional dan data keuangan pada lembaga perbankan. Akuntan akan disusun secara sistematis agar mampu membantu memberikan informasi kepada pihak yang berkepentingan baik internal maupun eksternal.

4. Akuntansi Pemeriksaan

Akuntansi pemeriksaan atau auditing merupakan akuntansi yang berkaitan dengan kegiatan pemeriksaan dan laporan keuangan secara bebas dan menyeluruh. Selain pemeriksaan, akuntansi ini juga meliputi pemberian pendapat atas kelayakan laporan keuangan perusahaan. Hasil dari akuntansi adalah hasil temuan yang disebut opini dan harus disampaikan kepada pihak berkepentingan.

5. Akuntansi Pajak

Jenis akuntansi selanjutnya yaitu akuntansi pajak yang merupakan akuntansi yang brhubungan atau berkaitan dengan perpajakan. Akuntansi jenis yang satu ini berguna untuk menetapkan berapa pajak terutang suatu perusahaan. Akuntansi pajak akan mengolah data kuantitatif untuk membuat laporan keuangan mengenai perhitungan pajak.

6. Akuntansi Anggaran

Akuntansi Anggaran merupakan akuntansi yang berkaitan dengan kegiatan perencanaan keuangan dalam suatu periode tertentu di masa datang.  Akuntansi ini sangat penting untuk manajemen anggaran perusahaan. Dengan adanya akuntansi anggaran maka akan membantu dalam pengendalian keuangan agar tidak terjadi over budget atau pengeluaran yang berlebihan.

Berbagai jenis akuntansi tersebut kini dapat diambil dari satu aplikasi saja. Bukukas hadir sebagai aplikasi untuk membantu mencatat berbagai jenis akuntansi termasuk adanya Buku Kredit di dalamnya. Aplikasi BukuKas tidak hanya cocok untuk suatu usaha saja, aplikasi juga cocok untuk pekerja lepasan maupun individu yang ingin mengelola pemasukan dan pengeluaran dengan baik.

BukuKas merupakan Aplikasi Akuntansi Gratis yang dapat Anda download di play store maupun store lainnya sesuai dengan jenis Android. Aplikasi menjadi kunci tepat untuk Anda mengelola keuangan dengan baik. Berbagai fitur menarik di dalamnya dapat Anda gunakan semaksimal mungkin.

Leave a reply "Jenis-Jenis Akuntansi dan Penjelasannya"