Obat yang Berbahaya Bagi Bayi

No comment 185 views
Corticosteroid Nasal Spray goapotik

 

Bayi masih beradaptasi terhadap lingkungan karena masih mengalami fase awal pada kehidupannya. Tahap adaptasi disertasi sistem kekebalan tubuh yang belum sempurna, menyebabkan bayi rentan terkena berbagai macam gangguan kesehatan. Ketika mengalami kejadian tersebut, tentu saja Anda segera mencari obat. Namun ternyata ada beberapa obat yang berbahaya bagi bayi.

Obat Berbahaya untuk Bayi

1. Obat Pencegah Batuk dan Pilek

Penelitian menunjukkan bahwa obat pencegah batuk dan pilek tidak mampu membantu meredakan batuk dan pilek pada bayi. Sebaliknya, obat ini dapat menyebabkan efek yang buruk pada bayi Anda. Terutama bila bayi mendapatkan dosis obat yang melampaui dosis obat yang seharusnya. Jangan sekali-kali memberikan Corticosteroid Nasal Spray goapotik pada bayi Anda saat hidungnya tersumbat.

2.Obat Kadaluarsa

Sebaiknya Anda sering-sering mengecek persediaan obat-obatan di rumah Anda. Jika Anda menemukan obat yang sudah kadaluarsa, segera buang obat tersebut. Obat yang telah melewati batas tanggal penggunaannya tidak efektif lagi untuk digunakan, bahkan akan menimbulkan efek yang membahayakan bila tetap dikonsumsi terutama bagi bayi Anda.

3. Obat Anti Mual

Jangan panik serta buru-buru memberi bayi Anda obat anti mual ketika dia muntah setelah diberi ASI. Bayi biasanya melewati fase muntah ini dan kemudian akan berhenti dengan sendirinya. Namun bila muntahnya dirasa cukup sering serta terus menerus, maka sebaiknya Anda konsultasikan ke dokter.

Hindari pemberian obat anti mual pada bayi bila tidak disarankan oleh dokter. Hal ini disebabkan karena obat anti mual dapat menimbulkan resiko serta kemungkinan komplikasi.

4. Obat Kunyah

Obat kunyah beresiko akan membuat bayi tersedak meskipun bayi Anda telah memulai makanan padatnya. Sebaiknya sebelum Anda memberikan jenis obat ini pada bayi Anda, konsultasikan pada dokter anak untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

5. Obat Dewasa

Anda harus ingat dan perlu Anda ketahui bahwa memberikan obat dewasa pada bayi meskipun dengan dosis yang lebih kecil tetap saja akan beresiko membahayakan bayi. Perhatikan baik-baik apakah obat tertentu bisa diberikan pada usia bayi Anda atau tidak. Jika bayi Anda kembung berikan obat khusus bayi seperti vometa drop untuk bayi.

Hindari pemberian obat-obatan tersebut bila tidak disertai saran dari dokter. Selain efek yang diberikan tidak akan maksimal, tentunya akan memberikan efek yang membahayakan bagi bayi Anda.

Leave a reply "Obat yang Berbahaya Bagi Bayi"