3 Masalah Kesehatan yang Membuat Haid Keluar Sedikit

cara melancarkan haid yang terlambat 2 bulan

Setiap wanita tentunya mempunyai keinginan pola menstruasi yang teratur dan lancar setiap bulannya. Akan tetapi biasanya hal tersebut tidak dirasakan oleh semua wanita karena beragam faktor dan penyebab yang melatarbelakanginya. Sehingga bisa saja Anda mengalami menstruasi yang terlambat 2 hingga 3 bulan lamanya. Cara melancarkan haid yang terlambat 2 bulan hingga 3 bulan sendiri biasanya menggunakan obat yang dianjurkan oleh dokter. Selain itu masalah selanjutnya adalah ketika haid yang keluar sedikit dan tidak lancar. Ketika hal tersebut terjadi biasanya banyak yang tidak menggunakan pembalut tetapi cukup menggunakan panty liner seperti dari Laurier. Sedangkan hal lainnya yang perlu diketahui adalah penyebab yang membuat haid keluar sedikit. Adapun untuk masalah kesehatan yang dapat membuat haid keluar sedikit adalah:

1. Mengkonsumsi obat tertentu

Hal pertama yang bisa jadi penyebab haid tidak lancar dan sedikit adalah karena mengkonsumsi obat tertentu. Mengkonsumsi jenis obat dapat untuk mempengaruhi siklus menstruasi sehingga dapat membuat volume darah haid lebih sedikit dari biasanya. Seperti misalnya saja obat ibuprofen, aspirin, pengencer darah, obat epilepsi, anti depresan, obat kemoterapi, dan juga terapi hormon.

2. Gangguan tiroid

Masalah kesehatan selanjutnya yang dapat menyebabkan haid tidak lancar adalah karena gangguan tiroid. Produksi hormon tiroid yang terlalu banyak atau juga malah terlalu sedikit dapat untuk membuat menstruasi yang keluar hanya sedikit bahkan tidak menstruasi. Oleh karena itulah apabila mengalami hal ini maka sebaiknya segera periksa ke dokter yang lebih ahli untuk mengobati hal tersebut.

3. Polycystic Ovary Syndrome

Dan hal terakhir yang dapat membuat haid tidak teratur dan darah keluar sedikit adalah masalah kesehatan yang satu ini yang lebih kenal sebagai PCOS. Masalah ini merupakan kondisi yang menyebabkan kelebihan hormon androgen sehingga dapat untuk dapat untuk mengganggu proses ovulasi. Karena hal tersebut maka membuat aliran darah menstruasi menjadi tidak lancar dan juga kurang teratur bahkan juga tidak mengalami menstruasi sama sekali dalam beberapa waktu.

Leave a reply "3 Masalah Kesehatan yang Membuat Haid Keluar Sedikit"