Ini Daftar Kebutuhan Bayi Baru Lahir

No comment 356 views
Kebutuhan Bayi Baru Lahir

 

Kebutuhan bayi baru lahir sebaiknya sudah difikirkan oleh orang tua sejak si buah hati masih dalam kandungan. Biasanya ketika memasuki trimester terakhir, Anda mulai disibukkan dengan aktifitas memilih-milih perlengkapan bayi yang dibutuhkan. Hal ini memang sangat penting dilakukan sebelum jadwal persalinan ditentukan. Tujuannya agar ketika bayi lahir ke dunia, Anda tidak lagi direpotkan untuk membeli perlengkapan bayi, dan hanya fokus untuk merawat si buah hati tercinta.

Biasanya bagi Ibu-ibu muda yang baru pertama kali akan melakukan persalinan, akan merasa sedikit kebingungan tentang apa saja yang dibutuhkan untuk bayinya. Jika sudah begini cara yang paling ampuh adalah dengan bertanya kepada orang tua, kerabat ataupun teman yang telah lebih dahulu berpengalaman. Namun Anda juga tidak boleh kalap ya, memang kebutuhan bayi baru lahir itu sangat banyak. Hanya saja perlengkapan bayi tersebut tidak akan bertahan lama untuk dikenakannya. Karena hampir setiap bulannya, berat dan besar badan bayi akan meningkat. Jadi sebaiknya Anda tidak membeli perlengkapan bayi teruma yang terkait dengan apa yang dikenakan oleh bayi (pakaian, dsb) dalam jumlah yang banyak. Lebih baik membeli dalam jumlah yang sedikit, namun rutin membelinya lagi setiap 3 atau 6 bulan sekali, tergantung dari seberapa pesat pertumbuhan si buah hati.

Nah, lantas apa saja sih kebutuhan untuk bayi baru lahir? Buat Anda yang masih sangat baru akan hal ini, berikut beberapa perlengkapan baik yang mesti dipersiapkan sebelum proses persalinan berlangsung.

1. Pakaian Bayi Baru Lahir

Ini merupakan sesuatu yang paling mendasar untuk diketahui oleh orang tua yang baru pertama kali melakukan persalinan. Banyak model pakaian bayi yang tersedia di tempat-tempat penjualan perlengkapan bayi (babyshop), namun sebaiknya pilihlah yang benar-benar dibutuhkan oleh bayi yang baru lahir saja.

Anda dapat membeli pakaian berupa baju lengan panjang, baju lengan pendek, singlet bayi atau baju bayi tanpa lengan. Jangan lupa untuk membeli juga celana panjang dan celana pendeknya serta kaos kaki dan tangan agar bayi Anda tidak kedinginan. Atau jika mau lebih simple lagi, Anda bisa membeli pakaian dengan model Jumpsuit, dimana baju, celana, kaos kaki dan kaos tangan, berada dalam satu pakaian saja. Sehingga lebih hemat dan praktis untuk digunakan.

Untuk bedong bayi, sebaiknya tidak membeli terlalu banyak. Idealnya 1 lusin bedong saja sudah cukup untuk digunakan hingga bayi berusia 2 tahun. Bahkan berdasarkan banyak pengalaman orang yang sudah terlebih dahulu memiliki bayi, bayi sudah tidak mau menggunakan bedong lagi bahkan sejak usianya memasuki 3-6 bulan.

2. Popok

Bayi baru lahir biasanya memiliki frekuensi buang air (pipis ataupun pup) yang lebih tinggi dibandingkan bayi yang telah berumur lebih dari 1 tahun. Maka dari itu, menyetok popok dalam jumlah yang banyak tidak begitu masalah, dan pasti akan terpakai olehnya.

Saat ini ada 2 jenis model popok bayi, yakni popok kain dan juga popok sekali pakai. Untuk popok kain, sebaiknya Anda mempersiapkan Cloth Diapers yang bisa di cuci ulang, sehingga lebih hemat uang dan juga lebih sehat. Namun Anda juga harus mempersiapkan popok sekali pakai untuk di bawa ke rumah sakit saat akan melakukan persalinan. Dan Anda juga bisa menyetok popok sekali pakai ini dalam jumlah banyak di rumah. Karena jika bayi ingin di bawa bepergian, popok sekali pakai jelas lebih praktis untuk digunakan.

3. Perlengkapan mandi

Perlengkapan mandi bayi seperti sabun, sampo, telon, kayu putih, parfum, handbody, handuk, washlap, bak mandi dan sebagainya juga jangan sampai Anda lewatkan. Biasanya perlengkapan ini akan mulai dibutuhkan sejak Anda masih berada di rumah sakit bersalin, terutama minyak telon, dan kayu putih. Sedangkan untuk yang lainnya, akan digunakan saat setelah Anda berada di rumah dan mengurus bayi Anda sendiri.

Leave a reply "Ini Daftar Kebutuhan Bayi Baru Lahir"