Perbedaan Motor Matic, Motor Bebek, dan Motor Sport

No comment 305 views
Motor Sport

 

Sekarang ini banyak sekali beredar sepeda motor yang bisa dipilih. Mulai dari motor matic, motor bebek ataupun motor sport bisa diperoleh dengan sangat mudah. Dengan banyaknya pilihan seperti ini, terkadang kita yang kurang mengetahui betul seluk beluk sepeda motor merasa bingung ingin membeli sepeda motor jenis apa. Dan tak jarang pula, motor yang kita beli ternyata tidak sesuai dengan apa yang kita butuhkan sebenarnya.

Nah, biar hal ini tidak terjadi pada Anda. Sebaiknya sebelum membeli sepeda motor, ada baiknya Anda mengetahui betul apa saja perbedaan dari ketiga jenis motor ini. Untuk mengetahui hal ini, berikut beberapa perbedaan dari ketiganya.

1. Body Motor

Jika dilihat dari body motornya, seharusnya ini sudah sangat jenis sekali perbedaan antara motor matic, motor bebek dan juga motor sport. Karena pada dasarnya, ketiga body motor ini sudah sangat jauh berbeda. Motor matic, memiliki body motor yang lebih pendek dan juga lebih ringan. Begitu pula halnya dengan motor bebek. Hanya saja pada motor bebek, body motor masih jauh lebih berat.

Namun bila dibandingkan dengan motor sport, kedua motor tadi perbedaannya sudah sangat jelas sekali. Motor sport memiliki body yang lebih tinggi dan lebar serta bobot yang juga sangat berat dibanding keduanya. Oleh karena itu, motor sport sangat cocok digunakan untuk pria yang bertubuh kekar. Sedangkan untuk motor matic dan motor bebek, dapat digunakan oleh wanita maupun pria yang kurang berotot.

2. Tangki Bensin

Hal berikutnya yang bisa menjadi pembeda dari ketiga jenis motor ini adalah dengan melihat tampilan tangki bensinnya. Pada sepeda motor jenis matic dan bebek, letak tangki tersembunyi atau berada di bawah jok. Sedangkan pada motor sport, tangki bensin berada di bagian atas, dekat dengan stang. Dengan posisi tangki bensin seperti ini, sangat memudahkan sekali saat pengisian bensin, sehingga Anda tidak perlu turun dari motor untuk sekedar mengisi bensin saja.

Selain itu, kapasitas tangki bensin pada motor sport juga jauh lebih besar dibanding motor matic ataupun motor bebek. Rata-rata untuk motor sport, tangki bensin berkapasitas hingga 10 liter. Jadi, sangat efisien untuk digunakan pada perjalanan jauh (touring).

3. Sistem Transmisi

Sistem transmisi untuk motor jenis bebek dan motor sport sebenarnya tidak jauh berbeda. Keduanya menggunakan sistem transmisi manual, karena menggunakan gear atau mengoper gigi. Hanya saja pada motor sport, saat ingin mengoper gigi Anda harus melakukan pengaturan rem kopling. Dimana pengaturan ini, dilakukan dengan menekan tuas rem kopling pada bagian kiri stang motor sport Anda.

Berbeda halnya dengan motor matic, sistem transmisi motor matic menggunakan sistem otomatis. Anda hanya perlu menarik gas motor untuk dapat melaju. Karena menggunakan sistem Continuously Variable Transmission (CVT), proses perpindahan gigi tidak lagi dilakukan secara manual. Sehingga sangat memudahkan pengoprasian sepeda motor.

4. Sistem Pengereman

Sistem pengereman pada motor sport dan motor bebek juga tidak jauh berbeda. Kedua jenis motor ini menggunakan sistem pengereman kaki dimana rem belakang terletak pada pedal motor sebelah kanan.

Namun berbeda halnya dengan motor matic, sistem pengereman motor matic terletak di bagian stang kiri. Sehingga untuk pengeoperasiannya, membutuhkan tekanan/kekuatan dari tangan kiri. Nah, sistem pengereman seperti ini, mirip dengan sistem pengereman pada sepeda. Namun biarpun begitu sistem yang demikian tidak berpengaruh banyak pada kenyamanan penggunaan. Hanya saja tidak semua orang terbiasa dengan sistem pengereman tangan seperti ini.

Leave a reply "Perbedaan Motor Matic, Motor Bebek, dan Motor Sport"