Mau Tinggi? Ikut Ekskul Basket Saja!

No comment 428 views

manfaat air alkali untuk kesehatan

Basket merupakan salah satu ekstra kurikuler favorit bagi para remaja, tak jarang para anggota tim inti basket di sekolahan selalu menjadi Miss atau Mr. populer yang selalu menyita perhatian. Tribun ketika pertandingan basket diselenggarakan sudah dipastikan tidak akan sepi dari penonton yang bersorak sorai mendukung kelasnya masing-masing atau mendukung para pemain secara personal.

Basket sendiri merupakan permainan bola antar dua tim yang beranggotakan 5 pemain atau 3 pemain. Permainan basket yang melibatkan 10 pemain (5 pemain masing-masing tim) menggunakan lapangan basket penuh yakni ukuran 28.5×15 m, namun jika basket hanya dilakukan oleh 6 pemain atau populer dengan sebutan three on three maka area permainan hanya dilakukan setengah lapang. Permainan baket termasuk kategori bertempo cepat, biasanya pertandingan dilakukan 4 quarter dengan durasi masing-masing quarter 10-12 menit. Tempo permainan yang cepat menuntut para pemain untuk bergerak intens dan cepat, sehingga pertandingan ini sangat seru untuk diikuti.

Selain seru, anggapan bahwa basket memiliki kaitan erat dengan pertumbuhan tinggi pun menjadikan basket semakin diminati para remaja. Persepsi ini semakin diperkuat dengan ukuran tubuh para pemain NBA yang memang bertubuh tinggi, ambil contoh Yao Ming salah satu pemain NBA di era 2000-an ini memiliki tinggi badan 229 cm.

Walaupun masih simpang siur pembuktian korelasi tinggi badan dan olahraga basket, setidaknya ada beberapa alasan logis dibalik korelasinya. Selama berlatih olahraga basket, para peserta secara intens melakukan gerakan loncat. Gerakan meloncat ini dapat menstimulus hormon pertumbuhan yang mendukung penambahan tinggi badan. Selain menstimulus hormon pertumbuhan, gerakan melompat pun akan meningkatkan aliran darah ke titik pertumbuhan yakni ke titik tulang belakang dan kaki yang menstimulus bertambahnya tinggi badan. Walaupun demikian, stimulan dari gerakan meloncat secara intens tersebut tidak akan membuat tinggi badan berlipat secara drastis.

Gerakan meloncat, berlari dan aktivitas lainnya selama bermain basket tentunya akan menyebabkan berkurangnya cairan dalam tubuh. Minum air secukupnya dapat membuat tubuh terhidrasi dengan sempurna sehingga cairan yang hilang dapat kembali terganti. Hidrasi optimal dapat diperoleh dengan mengkonsumsi air alkali, yakni air yang memiliki PH diatas PH Netral. Selain untuk hidrasi, manfaat air alkali untuk kesehatan adalah dapat menetralkan tingkat keasaman dalam tubuh. Air alkali terbaik aman dikonsumsi secara rutin untuk meningkatkan kesehatan tubuh!

Leave a reply "Mau Tinggi? Ikut Ekskul Basket Saja!"