Pentingnya Komunikasi Dalam Keluarga

No comment 800 views

Keluarga merupakan tempat pertama kalinya seorang anak melakukan komunikasi. Di lingkungan yang paling sederhana ini, seorang anak belajar bagaimana cara komunikasi keluarga dengan baik. Orang tua seharusnya lebih peka terhadap anggota keluarga lainnya, agar setiap anggota keluarga (anak) dapat saling berkomunikasi. Sebab, dari komunikasi sederhana itulah, karakter dan kepribadian seorang anak akan terbentuk. Hal ini tentu akan berpengaruh besar pada kehidupannya di masa mendatang. Jika komunikasi antar keluarga sudah terjalin dengan baik, niscaya di masa mendatang ia akan menjadi pribadi yang mudah bergaul, disenangi dan berkarakter santun. Maka dari itu, sedininya anak harus sudah diajarkan tentang bagaiaman berkomunikasi dalam keluarga.

Komunikasi Keluarga

Berikut beberapa manfaat dari komunikasi yang berawal dari keluarga:

1. Memiliki Kepercayaan Diri

Jika dalam suatu keluarga setiap anggotanya bebas mengekspresikan diri, perasaan, fikiran dan juga pendapatnya. Biasanya, anggota keluarga tersebut akan memiliki tingkat kepercayaan diri yang kuat dalam hal bersosialisasi dengan lingkungannya.  Hal ini telah dibuktikan oleh penelitian yang dilakukan di University of Delaware. Hasilnya, anggota keluarga (anak) yang diberikan kebebasan berpendapat dan diakui, ia akan menjadi orang yang lebih percaya diri saat ia masuk ke dalam lingkungan di luar rumah.

2. Have A Good Time

Menikmati waktu bersama adalah cara yang tepat untuk menjalin keakraban antar anggota keluarga. Namun melakukan hal ini bukanlah perkara yang mudah, orang tua harus bisa memberikan rasa nyaman, aman kepada anak-anaknya. Sehingga si anak tadi, bisa mau mengutarakan perasaannya ataupun sekedar bercerita hal-hal lucu dan seru atas pengalamannya hari itu. Selain itu candaan dan tawa juga diperlukan untuk mencairkan suasana, sehingga setiap anggota keluarga akan merasa dekat, satu sama lainnya.

3. Tepat Mengekspresikan Perasaan

Anda pernah melihat seseorang yang marah-marah di tempat umum hanya karena masalah yang sepele? Itu adalah satu bentuk komunikasi dalam keluarga yang tidak efektif. Menurut penelitian yang dilakukan oleh University of Florida, cara yang paling tepat menyampaikan ekspresi (perasaan) adalah dengan berkomunikasi yang baik. Bukan dengan cara marah-marah ataupun berdebat. Sebab hal itu hanya akan menyisakan trauma dan merubah pribadi watak menjadi keras.

4. Mengembangkan Keterampilan Mendengar

Tak hanya berbicara yang santun, komunikasi yang baik dengan keluarga dapat melatih anggota keluarga untuk trampil dalam hal mendengar. Mendengar ini termasuk menunjukkan rasa empati saat seseorang mengutarakan isi hatinya. Kemampuan mendengar yang efektif ini sangat berpengaruh besar pada kehidupan di masa mendatang. Baik dalam hal pendidikan, di lingkungan pekerjaan ataupun di kehidupan saat seseorang memiliki pasangan.

5. Mendapatkan Dukungan

Saat komunikasi antar keluarga terjalin dengan harmonis, semua anggota keluarga akan mengerti bahwa mereka sebenarnya saling membutuhkan, sehingga dapat saling memberikan dukungan satu dengan yang lainnya. Walaupun mungkin tidak dapat banyak membantu, namun dengan meluangkan waktu untuk mendengarkan keluh kesahnya saja, sudah sangat menunjukan bahwa Anda peduli dan memberikan dukungan padanya.

Leave a reply "Pentingnya Komunikasi Dalam Keluarga"