Manfaat Minum Susu Bagi Balita

No comment 802 views

Semua orang tua pasti sudah tau betapa pentingnya minum susu bagi si kecil. Baik ASI ataupun susu formula, keduanya sangat berperan besar untuk pertumbuhan yang optimal. Susu balita sudah diformulasikan khusus untuk balita. Makanya itu, dalam setiap kemasan susu formula, sudah tertera label usia anak yang boleh mengkonsumsi susu tersebut. Mulai dari 0 bulan hingga 5 tahun, semua itu sudah ada takarannya. Sehingga kebutuhan gizi si kecil, dapat terpenuhi secara tepat dan seimbang.

Susu Balita

 

Nah, bicara soal susu untuk balita. Tahukah Anda sebenarnya apa saja manfaat susu itu? Terlepas apakah itu susu formula atau UHT. Susu memiliki peranan yang penting bagi pertumbuhan anak-anak. Kandungan utama dalam segelas susu yang berupa protein, kalsium, dan vitamin D, sangat penting untuk memperkuat otot dan tulangnya. Meskipun kandungan gizi ini bisa diperoleh dari makanan sehat seperti sayuran, daging dan ikan. Namun terkadang jumlah asupan gizi dari makanan-makanan tersebut, masih belum memenuhi kebutuhan gizi harian si kecil. Maka dari itu, agar kebutuhan gizi ini tercukupi, balita perlu diberikan susu yang sesuai dengan tahap usianya.

Untuk lebih jelasnya mengenai manfaat susu, berikut beberapa manfaat yang bisa diperoleh bila balita meminum susu.

  1. Menguatkan Tulang

Hampir semua jenis susu memiliki kandungan utama berupa Kalsium yang cukup tinggi. Kalsium tersebut dipercaya dapat membantu menguatkan tulang, sehingga tubuh anak menjadi lebih kuat dan sehat. Selain itu, ada pula vitamin D berperan sama dalam menguatkan tulang. Vitamin D membantu penyerapan kalsium, sehingga tulang dapat lebih mudah menyerap kalsium dan menjadikannya tumbuh kuat. Sehingga dengan begitu, balita yang mengkonsumsi susu, cenderung memiliki tulang yang kuat dan padat, serta terhindari dari resiko penyakit tulang.

  1. Perkembangan Syaraf Otak

Otak merupakan salah satu organ tubuh yang berperan vital dalam menyampaikan informasi ke seluruh tubuh. Kinerja otak tergantung dari asupan nutrisi yang berikan sejak dini. Jika kebutuhan nutrisi seperti zat besi, AHA dan DHA tercukupi, maka syaraf otak anak dapat berkembang secara maksimal. Dan dalam jangka waktu tertentu, akan mempengaruhi tingkat kecerdasan anak. Nah, salah satu cara untuk memenuhi kebutuhan nutrisi untuk otak ini, adalah dengan membiasakan anak meminum susu. Karena, di dalam susu sudah terkandung semua nutrisi yang dibutuhkan oleh otak.

  1. Sumber Energi

Anak-anak terutama yang masih balita, umumnya lebih aktif dalam bermain. Aktifitas bermain ini pastinya akan menghabiskan banyak sekali energinya. Untuk menunjang aktifitas si kecil ini, maka nutrisi yang berupa fosfor, protein, vitamin A dan B sangat dibutuhkan agar tubuhnya tidak mudah lelah. Semua nutrisi tersebut bisa didapatkan dari makanan atau segelas susu yang di minum secara rutin setiap hari.

Leave a reply "Manfaat Minum Susu Bagi Balita"