Cara Membuat MPASI Pertama Bagi Si Kecil

No comment 664 views

Usia 6 bulan, merupakan waktu yang tepat bagi si kecil untuk diperkenalkan dengan makanan padat pertamanya. Ibu, sudah seharusnya tau bagaimana cara membuat MPASI yang benar. Sebab, memperkenalkan makanan padat untuk pertama kalinya bagi si kecil memang sangat penting sebagai makanan pendamping ASI.Selain untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tambahannya, MPASI juga berperan penting untuk mempersiapkan sistem pencernaan tubuhnya menjadi lebih baik dalam menyerap asupan makanan.

Cara Membuat MPASI Bayi 6 Bulan

Berbicara soal MPASI, mungkin sebagian dari Anda masih ada yang belum paham tentang aturan-aturan dalam memberikan MPASI bagi buah hatinya.

Meskipun usia 6 bulan bayi rata-rata sudah bisa diberikan MPASI pertamanya, namun ternyata ada beberapa “Sinyal” yang menunjukkan bayi itu ‘Siap’ untuk diberikan MPASI. Sinyal-sinyal itu antara lain:

  1. Biasanya si kecil yang sudah siap untuk makan makanan pertamanya adalah ia sudah mampu menahan kepalanya dalam posisi tegak yang cukup stabil.
  2. Bayi sudah mampu duduk bersandar dengan baik. Sebab, untuk dapat menelan makanannya dengan baik, bayi memang harus dalam posisi duduk tegak meskipun bersandar.
  3. Mulai terlihat gelagat “Kelaparan” meski si kecil baru diberikan ASI.
  4. Bila ada disekitarnya orang yang sedang makan (orang tua sendiri), bayi biasanya akan menunjukkan ekspresi bahwa dia tertarik dengan makanan yang dimakan orang tersebut.

Jika bayi Anda telah menunjukkan sinyal-sinyal seperti diatas, maka sudah pasti “Ia” sangat siap untuk diberikan MPASI pertama. Nah, untuk itu orang tua perlu perlu mempersiapkan makanan pendamping ASI yang tepat untuk memenuhi kebutuhan nutrisi si kecil setiap hari.

Berikut ini, menu-menu MPASI yang baik diberikan saat bayi berusia 6 bulan.

  1. Serealia

Menu yang satu ini memang sangat baik diberikan sebagai MPASI awal. Serealia yang termasuk dalam jenis makanan ini adalah bubur beras dan juga gandum. Namun yang umum diberikan pada awal MPASI adalah bubur beras (rice pure). Bubur beras dapat disajikan bersama kuah dari sayuran bayam. Bayam banyak mengandung zat besi sehingga sangat diperlukan untuk tubuh si kecil yang sehat dan kuat.

  1. Buah-buahan Empuk

Selanjutnya berbagai jenis buah-buahan dengan tekstur dasar yang empuk juga sangat baik diberikan sebagai makanan pendamping Asi. Buah-buahan ini antara lain pisang dari jenis tertentu, alpukat dan juga pepaya. Buah-buahan ini tidak perlu diolah sedemikian rupa, sehingga bisa langsung diberikan sebagai makanan pendamping untuk si kecil. Selain itu buah-buahan jenis ini banyak mengandung gizi yang dibutuhkan oleh tubuhnya, Alpukat merupakan sumber lemak nabati yang dibutuhkan oleh tubuhnya. Sedangkan pisang dan pepaya, sangat baik untuk mengontrol pencernaan.

  1. Sayuran

Sayuran seperti wortel dan juga bayam sangat baik dijadikan sebagai makanan pendamping. Namun sebelum diberikan, sayuran harus di olah sedemikian rupa (dibuat bubur) agar lunak dan mudah ditelan oleh bayi.  MPASI sayuran juga bisa dikombinasikan dengan bubur beras,  sehingga bayi bisa lebih lahap saat memakannya.

Leave a reply "Cara Membuat MPASI Pertama Bagi Si Kecil"