Menikmati Kopi dengan Teknik Manual Brewing

No comment 874 views

Orang Indonesia memang sudah sangat lekat dengan yang namanya Kopi. Hampir di setiap waktu, kopi hadir untuk menemani saat-saat santai ataupun sebagai ‘obat’ pelepas lelah usai bekerja. Menikmati secangkir kopi panas dengan ditemani oleh kudapan memang sangat efektif untuk memberikan rasa yang tenang. Sehingga usai meminum kopi, fikiran pun akan menjadi lebih fresh dan siap untuk menjalani aktifitas hari demi hari.

Bagi pecinta kopi, menikmati tiap cangkir kopi bisa dengan cara yang berbeda-beda. Apalagi saat ini tengah berkembang trend meminum kopi dengan teknik manual brewing, yakni suatu teknik yang digunakan untuk menuang kopi dengan menggunakan alat khusus yang dioperasikan secara manual oleh manusia atau barista. Cara ini memang terkesan kuno, namun entah kenapa justru banyak pecinta kopi yang ‘jatuh cinta’ dengan teknik ini. Selain kopi yang dihasilkan menjadi lebih halus dan lembut, rasa kopinya juga begitu melekat. Sehingga menambah kenikmatan dari rasa asli kopi yang diminum. Nah, sejak saat itulah variation – manual brewing kopi terus berkembang. Dan hingga saat ini, sedikitnya ada 4 teknik manual brewing yang populer dikalangan pecinta kopi, diantaranya yakni:

  1. Plunger (French Press)

Bagi seorang pemula, menyeduh kopi dengan teknik Plunger sangat membantu sekali. Teknik Plunger atau Frensh Press ini dapat menghasilkan kopi yang lebih hitam, pekat, rendah asam dan rasa yang pahit.

Setiap 1 gram kopi hanya boleh diseduh dengan 15ml air. Cara menyeduhnya juga tidak sulit, kopi yang sudah ada dimasukkan kedalam air panas dan diamkan selama 3-4 menit saja. Kemudian dengan alat plunger kopi di press (tekan). Namun, sayangnya tidak semua jenis kopi cocok untuk diseduh dengan teknik ini. Hanya beberapa jenis kopi saja seperti, kopi Sumatera yang cocok diseduh dengan teknik plunger ini.

  1. Drip V60

Teknik Drip adalah salah satu manual brewing yang paling populer saat ini. Drip V60 memiliki bentuk fisik yang mengkerucut pada bagian atasnya. Teknik ini dipercaya bisa menghilangkan keasaman kopi jauh lebih baik dari plunger. Maka dari itu, teknik ini biasa digunakan untuk kopi yang memiliki keasaman yang tinggi seperti kopi Java.

  1. Espresso

Ini juga termasuk teknik yang paling disukai pecinta kopi untuk mendapatkan rasa kopi yang nikmat. Espresso akan menghasilkan kopi dengan warna cokelat keemasan. Hasil kopi yang didapat dari teknik ini adalah kopi dengan rasa yang seimbang antara keasaman, manis dan juga kekentalannya.

  1. Syphon

Meskipun termasuk dalam teknik baru yang masuk ke Indonesia. Namun Syphon sangat digemari oleh pecinta kopi di tanah air. Teknik ini sangat unik karena dalam proses menyeduhnya menggunakan tabung khusus mirip tabung kimia dan dipanaskan langsung dengan menggunakan Alcohol Lamp. Teknik ini menghasilkan kopi yang kental dengan kandungan asam yang sangat rendah, karena melalui proses pemanasan yang sempurna. Sedangkan kopi yang cocok digunakan untuk teknik Syphon ini adalah kopi dengan medium roast seperti Toraja, Papua dan juga Flores.

Leave a reply "Menikmati Kopi dengan Teknik Manual Brewing"