Tips dalam Komunikasi Yang Baik dengan Pasangan

No comment 865 views

Komunikasi, istilah ini memang terkesan sederhana dan biasa saja. Namun faktanya, tidak semua orang mampu melakukan komunikasi yang baik sesuai dengan waktu dan tempatnya. Termasuk dalam hal menjalin sebuah hubungan dengan pasangan, sejatinya komunikasi yang baik harus terjalin untuk menjaga keharmonisan dalam berhubungan.

Tips Dalam Komunikasi

 

Di luar sana, masih banyak orang tidak mampu menjalin komunikasi yang baik dengan pasangannya. Maka dari itu, tak sedikit pula orang yang kemudian gagal dalam menjalin suatu hubungan karena masalah komunikasi ini. Jadi, pantas saja jika banyak orang yang ingin mengetahui tips dalam komunikasi yang baik dengan pasangan. Nah, jika Anda termasuk salah satunya, berikut ini ada beberapa tips yang perlu Anda ketahui dan Anda coba terapkan dalam hubungan Anda bersama orang yang Anda cintai.

  1. Hindari percakapan dengan memakai kata “Aku, Kamu”.

Dalam berhubungan terutama bagi suami-istri. Menggunakan kata-kata “Aku, Kamu” bukanlah suatu hal yang patut dilakukan. Anda harus bisa membedakan percakapan antara teman dengan pasangan hidup Anda. Kalau dalam berteman mungkin Anda biasa mempergunakan kata “Aku, Kamu”, maka saat berbicara dengan pasangan, gunakanlah kata (panggilan) yang lebih halus seperti “Saya”. Bahkan sangat dianjurkan pula Anda pasangan mempunyai panggilan, ‘Sayang’ misalnya; ”A yank, Adinda, Mimi, Pipi, dsb”. Ini adalah salah cara paling sederhana untuk membangun komunikasi yang baik dengan pasangan hidup Anda.

  1. Jangan meninggikan Suara.

Pertengkaran kecil dalam menjalin suatu hubungan bisa terjadi pada siapapun. Berselisih paham atau cemburu yang berlebihan terkadang menjadi penyebab timbulnya pertengkaran ini. Namun sebisanya kedua pihak menahan diri (amarah), dan jangan sekali-kali meninggikan suara walau sedang dalam keadaan emosi. Karena ketika Anda atau pasangan berkata “Keras”, maka pertengkaran kecil tadi, bisa menyulut emosi yang lebih besar.

  1. Jangan Memberikan Jawaban Singkat

Yang seperti ini biasanya paling sering dilakukan oleh kaum Pria. Entah karena malas menjawab pertanyaan dari pasangannya, atau karena hal-hal lain. Pria paling sedang memberikan jawaban singkat saat pasangannya bertanya. Hal seperti ini sangat tidak baik dalam menjaga komunikasi dengan pasangan. Karena sejatinya wanita sangat senang mendengar jawaban-jawaban panjang dari Anda. Bahkan untuk jawaban ngawur Anda sekalipun, ia akan sangat senang mendengarnya. Dan itu juga dapat membantu hubungan menjadi lebih intim.

  1. Beri Pasangan Anda Pujian atau Hadiah

Tidak hanya wanita saja yang senang dipuji, bahkan pria sekalipun sangat senang dipuji. Maka dari itu, memberikan pujian-pujian kecil atas penampilan, hasil karya atau hal-hal sederhana yang dilakukan oleh pasangan Anda, dapat membangun keharmonisan bersama. Apalagi pada saat merayakan momen-momen spesial Anda berdua, selain pujian, memberikan “hadiah” juga termasuk bagian dari komunikasi yang baik dengan pasangan.

Leave a reply "Tips dalam Komunikasi Yang Baik dengan Pasangan"