4 Usaha yang Membantu Mendapatkan Buku Tanpa Keluar Banyak Biaya

Cara Mendapatkan Buku Tanpa Keluar

Ada sekian jenis kegiatan yang bisa Kita lakukan selama satu hari, sayangnya ada banyak orang yang bingung mengisi waktu luang dengan kegiatan apa. Beberapa orang yang memiliki kesibukan padat merayap merasa tidak memiliki waktu luang. Namun ada pula yang sebaliknya, apabila Anda termasuk ke dalam kategori kedua maka pastikan memanfaatkan waktu yang ada untuk kegiatan bermanfaat. Kegiatan yang bermanfaat lumayan beragam, salah satu contoh sederhananya adalah dengan membaca buku terbaru berkualitas.

Banyak Membaca Banyak Manfaat

Kategori untuk bahan bacaan memang beragam, mulai dari media informasi cetak seperti mahal, koran, dan sebagainya. Selain itu bisa juga dalam bentuk novel, kumpulan puisi, dan sebagainya yang berhubungan ke karya sastra. Apapun bahan bacaan yang dikonsumsi sudah tentu ada manfaat yang akan bisa dipetik jadi jangan ragu untuk menjadikannya budaya. Apalagi orang yang rajin membaca apa saja biasanya memiliki prestasi akademik yang lebih baik.

Tips Membaca Secara Rutin Namun Tetap Hemat

Meski menjadi kegiatan yang kaya manfaat, kegiatan membaca juga memerlukan biaya apalagi jika harus membeli bahan bacaan sendiri. Padahal tidak semua orang yang gemar membaca memiliki banyak dana untuk menyalurkan hobi satu ini. Namun, tidak perlu terlalu dikhawatirkan sebab ada beberapa jenis usaha yang menjadikan kegiatan membaca tetap berjalan. Akan tetapi tidak memerlukan banyak pengorbanan biaya, dan beberapa usaha yang bisa dicoba tersebut antara lain:

  • Memilih untuk meminjam,
    Memiliki teman yang juga senang membaca dan mengoleksi beberapa jenis buku yang sekiranya juga cukup menarik perhatian Kita. Maka tidak ada salahnya meminjam bahan bacaan tersebut atau bisa saling bertukar sehingga bahan bacaan yang sudah dicerna semakin banyak tanpa perlu membeli. Selain meminjam kepada teman atau sahabat, Kita pun bisa meminjam ke perpustakaan daerah. Pastikan perpustakaan yang dikunjungi memiliki koleksi yang lengkap dan menarik.
  • Membeli bahan bacaan bekas,
    Menyukai novel maupun komik ternyata bisa tetap menambah koleksi namun tetap menjaga kesehatan dompet. Caranya adalah mencari bahan bacaan bekas, apalagi banyak pemilik koleksi bahan bacaan melepas salah satu atau beberapa koleksinya untuk dijual kembali. Kita bisa mendapatkan novel terkenal dari pengarang terkemuka dengan setengah sampai sepertiga dari harga novel barunya. Cara ini lumayan hemat dan cocok bagi yang gemar membaca novel-novel ataupun bahan bacaan tebal dan mahal.
  • Mengunduh bahan bacaan digital,
    Cara hemat lainnya yang juga mudah diusahakan untuk berhemat dalam membaca adalah dengan mengunduh file bahan bacaan berformat digital. Mayoritas bahan bacaan akan diformat ke dalam bentuk pdf ataupun lainnya yang bisa diunduh dan dibaca lewat perangkat digital seperti handphone, komputer, dan sebagainya. Beberapa bahan bacaan bisa Kita unduh secara gratis dan beberapa lagi perlu membayar. Namun tidak perlu cemas, bahan bacaan digital biasanya dua kali lebih murah dibandingkan dengan versi cetaknya sehingga tetap hemat.
  • Menginstal aplikasi membaca di handphone,
    Cara hemat lain yang bisa membantu menyalurkan hobi membaca adalah dengan menginstal aplikasi yang mendukung di handphone. ada beberapa aplikasi yang menjadi tempat banyak novel dan bahan bacaan lain bisa dikonsumsi dengan mudah dan murah. Misal melalui aplikasi watt pad, newsstand, dan aplikasi lainnya yang menyediakan beragam buku bacaan menarik. Meski begitu membaca lewat aplikasi tetap memerlukan kuota namun akhirnya lebih murah meskipun tidak bisa menyimpan apa yang sudah dibaca tadi karena sifatnya online dan tidak bisa diunduh.