4 Tips Sederhana Membuat DVD Player Tetap Awet

No comment 110 views

DVD Player

Setiap orang memiliki barang elektronik karena memiliki banyak manfaat dalam hidup ini. Misalkan memberikan kemudahan anda untuk membuat jus buah menggunakan blender, atau memudahkan saat anda ingin menonton film favorit dengan menggunakan DVD player. Namun sekarang bukan membahas tentang blender, melainkan tentang DVD player yang dimiliki setiap orang namun tidak bisa merawatnya dengan baik sehingga cepat rusak dan tidak berfungsi. Barang yang satu ini sensitif jadi anda harus bisa merawatnya dengan baik. Berikut 4 tips sederhana yang bisa anda lakukan agar DVD player anda tetap berfungsi dengan baik.

Siapkan DVD Cleaner

DVD player harus dibersihkan secara teratur seminggu sekali atau dua minggu sekali untuk membersihkan debu yang menempel di setiap bagian DVD. Namun ada yang harus diperhatikan ketika membersihkan bagian piringan, gunakan DVD cleaner yang berguna membersihkan kotoran dan membuat piringan tetap berfungsi. Anda bisa membeli DVD cleaner di toko yang menjual peralatan elektronik sekitar rumah anda.

Hindari Menumpuk DVD Player

Biasanya barang elektronik seperti DVD player memiliki sumber aliran listrik yang bisa menimbulkan panas. Jadi panas yang dikeluarkan harus bisa direda dengan menyediakan sirkulasi udara yang cukup. Anda bisa menggunakan lemari yang berlubang dan hindari menumpuknya dengan barang elektronik yang lain karena akan menyebabkan overheat yang membuat DVD player menjadi rusak.

Jangan Menyetelnya Terlalu Lama

Setiap barang elektronik biasanya memiliki masa pakai yang terbatas termasuk DVD player. Idealnya barang yang satu ini disetel sekitar 4-6 jam dan setelah itu bisa diistirahatkan beberapa jam sebelum disetel kembali. Hal ini dilakukan agar tidak merusak optik yang berfungsi membaca kaset, jika optik rusak maka anda tidak bisa menonton film lagi dan biaya reparasinya cukup mahal.

Jangan Letakkan Kaset Di Atas DVD Player

Jika anda memiliki DVD player, maka koleksi kaset yang anda miliki juga banyak sehingga membutuhkan lemari kaset untuk menyimpan kaset dengan benar. Hindari meletakkan kaset tidak pada tempatnya karena bisa menempel dengan debu dan masuk ke dalam bagian DVD. Jangan meletakkan kaset di bagian atas DVD karena terdapat gelombang magnet yang bisa merusak fungsi dan sistem pada DVD player.

Keempat tips sederhana yang dibahas sebelumnya bisa diterapkan oleh anda yang memiliki DVD player di rumah. Namun bagi yang belum memiliki DVD dan berniat untuk membelinya, anda bisa membeli DVD di toko online elektronik dengan harga kredit DVD player yang terjangkau.