Ultah Novelis Kanada Lucy Maud Montgomery di Google Doodle

Lucy Maud Montgomery

Senin, 30 November 2015 Google kembali merayakan hari ulang tahun ke-141 sang Novelis Kanada Lucy Maud Montgomery melalui Google Doodle.

Lucy Maud Montgomery menjadi penulis kebanggaan Kanada lantaran karya-karyanya yang kreatif dan insipiring. Selain itu, Novel anak-anaknya yang berjudul Anne of Green Gables, masih menjadi buku yang laris manis dipasaran. Wanita yang akrab disapa L. M. Montgomery itu lahir pada 30 November 1874 dan meninggal 24 April 1942.

Dilansir dari halaman Wikipedia.org, selama karir yang luar biasanya, Lucy Maud Montgomery telah menerbitkan 20 judul buku, 530 cerita pendek, 500 puisi dan 30 esai. Sebagian besar pekerjaan kreatifnya berpusat di sekitar rumahnya, Prince Edward Island.

Untuk novelis, kesenjangan antara menulis dan berbicara bahasa Inggris sering menimbulkan tantangan. Bagaimana mereka bisa menyampaikan kecerobohan berantakan dan grit baku pidato yang diucapkan dengan cara yang akurat jika pembaca mereka terbiasa “bahasa Inggris yang tepat?” Beberapa penulis mengambil sikap tegas berpihak pada kecerobohan dan grit, tetapi mereka berisiko membayar mahal karena membingungkan atau mengasingkan pembaca. Tantangannya adalah tidak berarti yang baru, karena menulis dan berbicara bahasa Inggris selalu berdiri sedikit cukup terpisah. Dalam banyak kasus, tuntutan realisme memaksa seorang penulis untuk terus membuat apa yang kebanyakan guru bahasa Inggris akan menyebutnya “kesalahan”.

Berikut adalah paragraf, misalnya, dari 1926 novel berjudul The Blue Puri. Ini karya penulis paling terkenal Kanada pada saat itu, Lucy Maud Montgomery – bukan modernis eksperimental. Montgomery adalah seorang guru sekolah jauh sebelum dia adalah published author, dan ia menunjukkan di sini bahwa dia siap untuk memecahkan beberapa aturan yang dia pernah akan tanamkan pada siswa nya.

Karya Lucy Maud Montgomery

‘Gadis tercantik di Montreal,” kata Dr. Redfern. “Oh, dia seorang “looker”, baik. Eh? Rambut emas – mengkilap seperti sutra – hebat, besar, lembut, mata hitam – kulit seperti susu dan mawar. Jangan heran Bernie jatuh untuknya. Dan otak juga. Dia tidak “bit of fluff”. B.A. dari McGill. “a thoroughbred”, juga. Salah satu keluarga terbaik. Tapi agak ramping dalam tas. Eh! Bernie benar tergila-gila padanya”.

Mari kita lihat paragrafnya lebih dekat. Fragmen kalimat yang jauh melebihi jumlah kalimat lengkap – sesungguhnya sintaks doktor adalah hancur dan retak. Montgomery tidak menghindar dari kata sehari-hari atau bahasa gaul dengan kata (“bust-up,” “looker”) dan frase (“sbit of fluff”). Pada tahun 1920, seorang pria secara terbuka bisa menelepon seorang wanita yang “thoroughbred” dan berarti itu sebagai istilah pujian; hari ini ekspresi seperti itu tidak dapat diterima. Kemudian, tentu saja, ada munculnya dobel “eh” – setelah tanda mendefinisikan pidato bahasa Inggris-Kanada. Sekarang lebih jarang daripada itu, dibatasi terutama untuk daerah pedesaan dan orang-orang yang lebih tua. Orang-orang muda, terutama di kota-kota, jauh lebih mungkin untuk mengatakan “Right?”