Tips Memilih dan Menggunakan Pantyliner yang Tepat

No comment 132 views

Bagi wanita, pantyliner tentu bukan lagi sebuah nama yang asing di telinga. Ini sudah seperti ‘perkakas’ wajib yang dimiliki oleh wanita untuk mengatasi masalah seputar kewanitaan. Nah, meskipun dari segi bentuk dan cara penggunaanya sama dengan pembalut, namun ternyata keduanya, baik pantyliner ataupun pembalut memiliki fungsi yang berbeda. Lantas apa itu pantyliner?

apa itu pantyliner

Pantyliner merupakan produk kewanitaan yang menyerupai pembalut namun memiliki ukuran yang lebih kecil. Dari segi fungsinya, pantyliner berguna untuk menampung cairan keputihan yang berlebih yang berasal organ intim kewanitaan. Berbeda dengan pembalut (sebutan pada umumnya), pantyliner berfungsi untuk menampung cairan menstruasi. Dan ukurannya pun jauh lebih besar dibanding dengan pantyliner.

Menggunakan pantyliner tentu bukan lagi sebuah kesulitan. Setiap wanita tentu sudah paham betul bagaimana penggunaannya. Akan tetapi, dalam memilih pantyliner tidak boleh dilakukan secara sembarangan. Sebab, pemilihan pantyliner yang kurang tepat akan menimbulkan berbagai masalah, termasuk menimbulkan kondisi yang tidak nyaman saat digunakan. Nah, bagi Kamu yang sedang berencana untuk membeli pantyliner, berikut adalah beberapa tips memilih pantyliner agar nyaman digunakan;

1.  Ukuran panjang pantyliner yang tepat

Kesalahan yang cukup sering terjadi saat seorang wanita membeli pantyliner adalah salah dalam memilih ukuran panjang pantyliner. Biasanya jika Kamu membeli pantyliner di minimarket, toko dan semacamnya, Kami tidak memperhatikan ukuran pangjang pantyliner yang akan di beli. Padahal pantyliner terdiri dari beberapa ukuran. Nah, jika salah dalam memilih ukuran, maka akan menimbulkan rasa yang kurang nyaman saat digunakan.

Satu kesalahan yang ternyata seringkali dilakukan oleh para perempuan adalah salah dalam memilih ukuran panjang pembalut. Kesalahan ini akhirnya berakibat cukup fatal, di mana darah menstruasi bisa menembus ke underwear dan pakaian, apabila kamu tidak menggunakan ukuran yang tepat. Maka dari itu, sesuaikan flow cairan keputihanmu.

2. Memilih wings atau non-wings

Sama halnya dengan pembalut, pantyliner juga tersedia dalam bentuk wings dan non-wings. Penggunaanya tergantung dari seberapa seringnya aktivitas yang kamu lakukan. Jika aktivitas kamu berat atau kamu lebih aktif bergerak, maka pilihnya pantyliner dengan wings. Dengan begitu, cairan keputihan yang tertampung dalam lebih banyak.

3. Ganti Pantyliner setiap 3-4 jam sekali

Penggunaan pantyliner tidak boleh digunakan lebih dari 4 jam. Sebab, dapat menimbulkan masalah iritasi kulit hingga dapat membuat kuman penyakit menetap di organ kewanitaan. Oia, pantyliner juga tidak boleh digunakan setiap hari, karena dapat membuat sirkulasi di area kewanitaan menjadi terhalang.

Leave a reply "Tips Memilih dan Menggunakan Pantyliner yang Tepat"