Manfaat Laporan Keuangan dalam Dunia Bisnis

No comment 140 views

Laporan keuangan sangat diperlukan oleh setiap perusahaan. Dengan laporan keuangan yang jelas, akan memudahkan perusahaan mengetahui sudah sejauhmana bisnisnya itu berkembang. Yang kemudian pada akhirnya, mendapatkan keuntungan yang maksimal adalah tujuan utama mengapa sebuah perusahaan itu didirikan. Sedangkan berhasil atau tidaknya perusahaan memperoleh keuntungan, tergantung pada manajemen keuangan perusahaan tersebut. Nah, hal itu hanya bisa dilihat jika sebuah perusahaan mampu membuat laporan keuangan yang baik.

Laporan Keuangan Mayora

Perlu Anda ketahui jika saat ini, banyak perusahaan yang sudah mencatatkan laporan keuangannya secara online. Misalnya laporan keuangan Mayora. Perusahaan raksasa ini tidak sungkan untuk membagikan laporan keuangan perusahaan mereka kepala khalayak ramai, yang bisa Anda unduh secara langsung melalui situs resmi perusahaannya. Nah, langkah ini memang sengaja dilakukan oleh Mayora untuk menunjukkan bahwa perusahaan tersebut sudah tumbuh dan berkembang dengan sangat baik. Perusahaan itu sudah sangat mampu untuk memanjemen keuangan mereka, sehingga laba yang dihasilkan terus mengalami peningkatan. Jadi, jangan pernah mengabaikan laporan keuangan!

Berikut ini adalah beberapa manfaat membuat laporan keuangan di dalam dunia bisnis;

1. Pengelola Bisnis (Direksi & Manajemen)

Bagi pengelola bisnis yang didalamnya terdapat direksi serta manajemen, laporan keuangan perusahaan sangat penting sebagai acuan untuk pengambilan keputusan, evaluasi usaha, budgeting hingga kontrol terhadap internal. Maka dari itu, perlu dilakukan pengelolaan laporan keuangan yang akurat, sehingga pihak pengelola dapat mengambil keputusan yang tepat terdasarkan data-data yang diperolehnya.

2. Investor/Owner

Bagi calon investor/owner, laporan keuangan sebuah perusahaan adalah hal utama yang harus diketahui sebelum memutuskan untuk menanam/menambah modalnya di perusahaan tersebut. Hal ini memang harus dilakukan, karena sangat erat kaitannya dengan resiko. Dan dari laporan keuangan ini pula, performa sebuah perusahaan bisa dilihat. Maka dari itu, perusahaan yang ingin menggaet investor sebaik segera mempersiapkan laporan keuangan yang jelas, agar investor yakin untuk mau menanam/menambah modalnya pada perusahaan yang Anda kelola.

3. Pemberi Pinjaman

Terkadang tidak semua bisnis berjalan sesuai dengan yang sudah direncanakan, sehingga harus membutuhkan suntikan modal dari pemberi pinjaman. Nah, pihak pemberi pinjaman tentu tidak akan serta-merta memberikan pinjaman modal pada perusahaan yang Anda jalangkan. Biasanya mereka akan melihat laporan keuangan perusahaan Anda terlebih dahulu. Sehingga dapat memperkirakan kemampuan Anda untuk mengembalikan pinjaman beserta bunganya.

Leave a reply "Manfaat Laporan Keuangan dalam Dunia Bisnis"