Tips Menghilangkan Berbagai Macam Benjolan di Tubuh

No comment 118 views

Benjolan di tubuh bukanlah sebuah kondisi kesehatan yang biasa. Keberadaannya bisa menjadi penanda jika tubuh mengalami masalah bahkan bisa jadi tanda keberadaan sebuah penyakit. Benjolan yang ada pada tubuh terdiri dari berbagai jenis, diantaranya adalah varises, kista, lipoma, ganglion, ateroma, serta pembesaran kelenjar getah bening. Sedangkan untuk penanganannya juga berbeda-beda, tergantung jenis benjolan apa yang diderita. Namun yang pasti, menghilangkan benjolan di tubuh harus segera dilakukan, terlebih jika sudah sampai menimbulkan rasa nyeri.

menghilangkan benjolan di tubuh

Berikut adalah beberapa cara menghilangkan benjolan pada tubuh berdasarkan jenis benjolannya;

1. Benjolan karena Varises

Varises adalah kondisi dimana pembuluh darah vena membengkak sampai tampak terlihat jelas di permukaan kulit. Meskipun bukan sebuah hal yang fatal, namun pembengkakan yang terjadi sering kali menimbulkan rasa nyeri. Untuk menghilangkan benjolan di tubuh karena varises, hal yang biasa dilakukan antara lain;

  • Perawatan Laser. Teknik ini menggunakan peralatan medis berupa sinar laser. Sinar laser akan diarahkan langsung kebagian tubuh yang terdapat varises. Dengan pancaran sinar yang kuat, akan membuat pembuluh darah yang membengkak, perlahan-lahan akan memudar dan menghilang.
  • Skleroterapi. Ini merupakan teknik menghilangkan benjolan varises menggunakan suntikan berupa bahan kimia yang bernama sklerosant. Bahan kimia yang disuntikkan ini berfungsi untuk menyempitkan pembuluh darah dan seketika menghilangkan varises yang terdapat di permukaan kulit.

2. Lipoma

Lipoma atau  yang biasa disebut juga dengan tumor jinak sering muncul seperti benjolan di bagian bahu, dada, punggung, leher, paha, hingga ketiak. Benjolan ini akan terasa empuk saat disentuh dengan jari, dan seolah-olah bisa bergeser ketika di tekan. Untuk menghilangkan benjolan Lipoma,  bisa dilakukan dengan cara tanpa operasi seperti;

  • Steroid.  Cara ini dilakukan dengan menyuntikkan cairan steroid keperlukaan kulit yang mengalami benjolan. Perlahan benjolan akan mulai mengecil, namun tidak bisa mengatasi benjolan sampai dengan tuntas.
  • Sedot Lemak. Cara lain yang bisa dilakukan jika tidak ingin operasi adalah dengan melakukan sedot lemak. Pada dasarnya benjolan Lipoma tersusun atas lemak-lemak. Sehingga sedot lemak bisa dilakukan dengan cara menyayat sebagian kulit yang ditumbuhi lipoma, kemudian menyedot isinya dengan menggunakan alat khusus.

3. Pembengkakan Pada Kelenjar Getah Bening

Benjolan yang cukup sering terjadi pada tubuh adalah kelenjar getah bening yang membengkak. Biasanya benjolan ini muncul akibat serangan bakteri atau virus. Dan paling sering tumbuh pada bagian ketiak, leher, hingga belakang kepala. Untuk pengobatan benjolan karena pembengkakan kelenjar getah bening bisa dilakukan dengan berbagai cara, diantaranya;

  • Imunoterapi. Sesuai dengan namanya, pengobatan ini menggunakan obat yang secara spesifik dapat membunuh sel kanker pada kelenjar getah bening. Obat yang bisa diperoleh lewat resep dokter ini, dapat menghentikan pertumbuhan sel kanker dan juga dapat meningkatkan sistem imun tubuh. Sehingga tubuh akan lebih kebal dari serangan bakteri ataupun virus.
  • Radioterapi. Cara pengobatan lainnya menggunakan sinar-X berenergi tinggi. Fungsinya, untuk menghancurkan sel kanker kelenjar getah bening. Namun ini hanya bisa dilakukan jika sel kanker kelenjar getah bening masih berada pada stadium 1. Jika lebih dari itu, tindakan operasi harus segera dilakukan.

Leave a reply "Tips Menghilangkan Berbagai Macam Benjolan di Tubuh"