Cara Efektif Membersihkan Keramik Kamar Mandi Biar Kembali Kinclong

Ada banyak cara efektif membersihkan keramik kamar mandi. Cara-cara ini sudah teruji sejak lama secara turun-temurun. Anda bahkan tidak perlu mengeluarkan biaya yang besar untuk menyediakan bahan-bahan pembersihnya. Karena beberapa bahan yang dibutuhkan bahkan sudah tersedia di rumah Anda sendiri dan Anda hanya tinggal menggunakannya.

Cara Efektif Membersihkan Keramik Kamar Mandi

Kamar mandi adalah salah satu bagian dari rumah yang perlu mendapatkan perhatian khusus. Kebersihan kamar mandi menjadi cerminan pemilik rumah apakah ‘ia’ adalah seorang pembersih atau orang yang tidak perduli dengan kebersihan. Karena begitu pentingnya menjaga kebersihan kamar mandi, maka ketika ada kotoran yang mulai terlihat di lantai keramik kamar mandi, sebaiknya segera Anda bersihkan. Sebab jika tidak, maka nanti akan menimbulkan noda kerak yang akan sulit untuk dibersihkan.

Nah, sebelum itu terjadi, berikut ini adalah beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk membersihkan keramik kamar mandi yang kusam agar kembali kinclong. Lebih jelasnya, silahkan simak ulasannya dibawah ini;

  1. Menggunakan Cuka Masak

Bahan pembersih keramik pertama yang bisa Anda gunakan untuk membersihkan lantai kamar mandi adalah cuka masak (cuka dapur). Bahan dapur yang memberikan cita rasa asam ini, sangat ampuh untuk mengusir jamur dan lumut yang melekat di lantai kamar mandi. Jika jamur dan lumut ini tidak segera dibersihkan, maka bisa-bisa akan menimbul kerak berwarna hitam ataupun kemerahan yang sulit untuk dihilangkan.

Untuk penggunaannya juga tidak sulit, Anda hanya perlu menyiapkan cuka masak yang di tempatkan pada botol semprotan. Selanjutnya, tambahkan dengan air panas yang baru mendidih, dan aduk hingga cuka bercampur dengan air. Semprotnya air cuka tadi pada bagian lantai ataupun dinding keramik kamar mandi Anda. Diamkan hingga beberapa saat, lalu gosok sedikit dan selanjutnya bilas dengan air bersih. Jika sudah, maka Anda akan mendapati keramik kamar mandi yang bersih dan juga kesat.

  1. Menggunakan Baking Soda

Bahan pengembang adonan kue ini ternyata juga cukup ampuh untuk membersihkan keramik kamar mandi. Penggunaan baking soda sebagai pembersih, untuk menghilangkan noda kerak ataupun kotoran yang membandel.

Siapkan baking soda dalam jumlah yang banyak dan juga air panas. Bubuhkan baking soda pada bagian keramik yang terdapat noda kerak/membandel secara merata. Semprotkan sedikit air panas pada bagian keramik yang sudah dibubuhi baking soda. Lalu diamkan hingga beberapa saat, dan sikat hingga noda benar-benar terangkat. Lakukan hal yang sama secara berulang, jika noda masih menempel.

  1. Menggunakan Garam Kasar

Masih dengan bahan-bahan yang ada di dapur. Anda juga bisa menggunakan garam kasar yang non-iodium untuk membersihkan kemarik kamar mandi. Garam kasar berfungsi sebagai scrub yang mampu mengangkat noda kerak pada lantai dan juga dinding keramik. Penggunaan garam kasar ini juga akan semakin efektif jika dicampurkan dengan cuka masak.

Cara penggunaannya juga tidak sulit. Anda hanya perlu menyiapkan beberapa bungkus garam kasar dan juga cuka masak. Langkah selanjutnya, oleskan/semprotkan cuka masak pada bagian keramik yang ingin dibersihkan. Lalu bubuhi dengan kemarik dengan garam kasar secukupnya, dan diamkan hingga beberapa saat. Setelah itu, gosok keramik dengan menggunakan kawat aluminium hingga noda terangkat sempurna. Lalu tinggal di bilas dengan air bersih.

Leave a reply "Cara Efektif Membersihkan Keramik Kamar Mandi Biar Kembali Kinclong"