Tips Cara Membersihkan Dot Bayi yang Berkerak

No comment 254 views

Cara Membersihkan Dot Bayi yang Berkerak, Dot Bayi Berkerak, Kerak pada Dot Bayi

Permasalahan yang sangat sering terjadi ketika bayi masih menggunakan dot adalah dot bayi berkerak. Kerak dapat timbul dikarenakan reaksi antara minuman si kecil dan karet dot sehingga menimbulkan endapan berwarna kuning atau hitam. Selain itu, kerak juga bisa terjadi bila proses pencucian dot bayi tidak sempurna sehingga masih ada sisa-sisa susu yang menempel pada karet dot. Sebenarnya kondisi ini tidak begitu sulit untuk diatasi, hanya saja jika cara membersihkan dot bayi yang berkerak tidak segera dilakukan, maka dapat merusak karet dot sehingga tidak dapat lagi untuk digunakan.

Cara Mudah Membersihkan Karet Dot Bayi yang Berkerak

Pada artikel yang lalu kita sudah membahas tentang bagaimana cara membersihkan dot bayi yang berjamur. Sebenarnya teknik yang dilakukan untuk membersihkan dot yang berkerak hampir sama. Hanya saja masih banyak orang tua yang belum paham akan hal ini. Perlu diketahui mensterilisasi dot dengan menggunakan air panas tidak perlu dilakukan setiap saat. Anda hanya perlu melakukannya sekali saat dot masih dalam kondisi baru. Anda bisa melakukan sterilisasi dot dengan menggunakan air yang direndamkan ke dalam botol. Setelahnya, proses sterilisasi cukup menggunakan sabun khusus pencuci botol bayi saja. Nah, berikut ini tips dalam membersihkan dot bayi yang berkerak yang bisa Anda coba;

1. Menggunakan air panas

Menghilangkan kerak pada dot bayi bisa juga dilakukan dengan menggunakan air panas+ bottle cleanser. Anda hanya perlu mencampurkan bottle cleanser pada wadah yang berisi air panas. Selanjutnya rendam dot bayi pada air sampai air menjadi dingin. Setelahnya kerak akan mulai mengelupas dan sikat botol/karet dot hingga bersih.

2. Gunakan cotton bud

Cara lain yang bisa dilakukan bila kerak menempel pada sela-sela dot yang sulit dijangkau oleh sikat adalah dengan memanfaatkan cotton bud. Penggunaan cotton bud juga diperlukan untuk menjaga karet dot tidak sobek saat membersihkan kerak yang membandel.

3. Menggunakan Sponge Aluminium

Jika kerak sudah sampai berwarna hitam dan sulit untuk dibersihkan dengan 2 cara sebelumnya. Hal yang bisa Anda lakukan adalah dengan menggosok bagian dot yang berkerak dengan menggunakan sponge aluminium. Hal ini dapat dikatakan efektif, hanya saja Anda perlu sangat berhati-hati agar karet dot tidak sobek.

Leave a reply "Tips Cara Membersihkan Dot Bayi yang Berkerak"