Bisakah Penderita Meningitis Disembuhkan?

No comment 128 views

Meningitis atau radang selaput otak merupakan salah satu penyakit yang beresiko fatal. Bahkan sejumlah artis ternama telah menjadi korban keganasan penyakit yang menyerang organ tubuh bagian atas ini. Sebut saja komedian Olga Syahputra dan penyanyi Gleen Fredly, keduanya harus tutup usia setelah berjuang melawan penyakit yang bersarang di selaput otaknya.

Meningitis

Radang selaput otak adalah penyakit yang disebabkan oleh bakteri, virus, jamur hingga mikroorganisme parasit lainnya. Radang yang timbul karena serangan virus, biasanya lebih mudah diatasi dengan perawatan yang intensif. Namun berbeda halnya jika radang selaput otak disebabkan oleh bakteri. Bakteri yang ada pada selaput otak dapat mengakibatkan fatal. Karena selain menyerang selaput otak, keberadaan bakteri juga bisa menyerang hingga ke sum-sum tulang belakang. Kalau sudah begini, harus segera mendapatkan penanganan medis.

Apa Saja Gejala meningitis?

Setiap penyakit tentu memiliki gejala awal yang perlu diwaspadai. Pada penderita meningitis, gejala yang dirasakan hampir mirip saat tubuh terserang bakteri. Sakit kepala yang hebat biasa terjadi oleh mereka yang mengalami radang selaput otak. Biasanya rasa nyeri juga dapat menimbulkan ‘kaku’ pada bagian leher hingga area tengkuk.

Namun berbeda halnya gejala pada anak-anak. Pada anak-anak radang selaput otak lebih sulit terbaca. Hanya saja, ada peningkatan hormonal yang membuat anak-anak menjadi lebih rewel.

Sedangkan gejala lain yang dirasakan baik oleh orang dewasa ataupun anak-anak, antara lain;

  • Demam yang disertai dengan menggigil
  • Pusing yang disertai dengan rasa mual dan muntah
  • Tubuh akan lebih sensitif terhadap cahaya
  • Rasa sakit yang hebat sering sekali menghilangkan kesadaran hingga jatuh pingsan.

Sementara untuk gejala-gejala lainnya, bisa Anda temukan informasi selengkapnya melalui halaman situs Halodoc.com. Atau jika Anda ada merasakan gejala-gejala seperti yang tersebut di atas, Anda bisa langsung berkonsultasi pada dokter spesialis melalui fitur ‘Tanya Dokter’ Halodoc. Tenang aja, fitur konsultasi ini gratis kok! Anda juga bebas berkonsultasi soal penyakit lainnya.

Penyebab Penyakit Meningitis 

Penyakit radang selaput otak tidak muncul dengan sendirinya. Penyakit ini diakibatkan oleh infeksi virus dan bakteri pada bagian telinga, sinus dan tenggorokan. Namun sejauh ini belum ada konfirmasi apakah radang selaput otak bisa timbul akibat seringnya konsumsi obat-obatan.

Pencegahan dan Penyembuhan

Meskipun radang selaput otak tergolong penyakit yang sangat mematikan. Namun resikonya bisa di tekan dengan cara pemberian imunisasi. Saat ini, pemberian vaksin meningitis sudah mulai diwajibkan sejak anak berusia 2 tahun. Hal ini harus dilakukan mengingat penyakit tersebut dapat menularkan ke orang-orang yang berkontak fisik secara langsung dengan penderita.

Bahkan jika ada 1 anggota keluarga yang didiagnosa positif radang selaput otak, maka seluruh orang yang ada dalam rumah tersebut harus di vaksin. Pemberian vaksin ini dipercaya dapat mencegah penyebaran penyakit ke lingkungan yang lebih luas.

Lantas apakah Meningitis bisa disembuhkan?

Mungkin Anda penasaran apakah penyakit radang selaput otak ini bisa disembuhkan atau tidak. Yah, kembali lagi pada kecepatan penanganannya. Dan perlu diketahui bahwa masa inkubasi radang selaput otak adalah dua hingga 10 hari.

Jika seseorang diketahui menderita radang selaput otak, maka dokter akan langsung memberikan terapi antibiotika dan juga corticosteroid. Biasanya setelah 24 jam dilakukan terapi antibiotika, maka dapat memperkecil resiko penularan penyakit ini. Kecuali jika ada penyakit penyerta yang dapat menimbulkan komplikasi, maka bisa jadi waktu yang diperlukan untuk penyembuhan menjadi lebih lama.

Leave a reply "Bisakah Penderita Meningitis Disembuhkan?"