Tips Meningkatkan Dana Pensiun

No comment 341 views

tabungan asuransi pensiun yang paling menguntungkan

Membuat rencana keuangan yang bijaksanan untuk masa pensiun adalah hal yang penting jika Anda mengharapkan masa-masa istirahat Anda tidak terganggu dengan pemikiran akan biaya hidup.

Untuk mengetahui bagaimana Anda bisa membuat rencana dana pensiun dengan sebaik mungkin, simak beberapa tips dari pakar berikut ini.

Bagaimana Cara Meningkatkan Dana Pensiun Anda?

  1. Pastikan untuk merencanakan lebih awal

Menurut pengalaman, banyak orang gagal pensiun karena mereka gagal merencanakan lebih awal. Mereka terlalu sibuk dan enggan meluangkan waktu untuk mencari solusi masa depan keuangan mereka sendiri.

  1. Perlakukan tabungan pensiun seperti bisnis

Langkah awal yang harus Anda lakukan adalah memprioritaskan pembayaran hutang. Dan strategi menarik untuk menerapkannya adalah dengan memperlakukan keuangan pribadi Anda layaknya bisnis.

Pergesean pola pikir yang demikian akan membuat perbedaan besar dalam hidup Anda. Berhentilah melihat bahwa menabung merupakan pengorbanan besar, melainkan investasi yang menguntungkan.

  1. Maksimalkan kontribusi Anda

Pastikan Anda memiliki kontribusi lebih dalam membangun dana pensiun. Lakukan ini bersama keluarga, libatkan peran istri, bahkan anak-anak Anda. Tekankan pada mereka bahwa Anda tidak akan bekerja selamanya dan menerima gaji setiap bulan.

Yang terbaik saat ini adalah mulai mengumpulkan sedikit demi sedikit, memotong pengeluaran tidak perlu, untuk mendapatkan jaminan hari tua Anda.

Ada cara praktis untuk dapat memahami maksud kami ini. Anda bisa menghemat sekitar 20 % dari pengahasilan Anda untuk jatah dana pensiun. Setelah mendapatkan angka ini, Anda pun dengan bebas menggunakan sisanya untuk berbagai keperluan.

  1. Mulai terapkan disiplin keuangan

Memaksimalkan berbagai saluran kontribusi dana pensiun adalah penting. Namun tidak harus dilakukan dengan menabung secara membabi buta. Yang harus Anda terapkan adalah memberi batasan untuk setiap pengeluaran bulanan Anda.

Misalnya saja pengeluaran rumah tangga bulanan, tagihan telepon, transportasi, makanan, atau belanja pakaian. Dalam hal ini, disiplin keuangan amat diperlukan.

  1. Fokus pada penghasilan lebih dari aset

Banyak orang beranggapan bahwa pensiun identik dengan memiliki banyak aset atau properti. Namun sebenarnya pendekatan ini kurang tepat. Pensiun tidak ada hubungannya dengan aset, pensiun adalah bagaimana Anda tetap mendapatkan “gaji” dan biaya hidup saat Anda tidak mampu lagi bekerja.

  1. Bekerjalah lebih keras menjelang pensiun

Masa-masa menjelang pensiun merupakan waktu yang amat krusial dalam hidup Anda. Alih-alih bekerja lambat dan semakin santai, Anda harus bekerja lebih lagi untuk meraih mimpi hidup dengan tenang selama pensiun.

Poin lebih akan hadir saat Anda memiliki pasif income yang mampu memberi tambahan pemasukan. Dengan banyak dana yang terkumpul, maka semakin banyak pula dana cadangan dan dana pensiun yang bisa Anda kumpulkan.

  1. Miliki penghasilan pasif yang mampu menghidupi Anda

Seperti yang kami utarakan di atas, tutupilah pengeluaran Anda selama pensiun dengan beberapa pendapatan pasif yang bisa Anda dapatkan dari berbagai sumber. Dengan pendapatan pasif tersebut, Anda tidak hanya beruntung dalam aspek keuangan, namun juga dalam memberdayakan sisa kemampuan Anda mengelola sesuatu.

  1. Buat daftar pengeluaran

Anda dapat memulai dengan membuat daftar pengeluaran, baik itu secara tunai maupun via kartu kredit. Dengan demikian, kedepannya Anda bisa menghindari pembelian yang tidak perlu.

  1. Kumpulkan dana deviden

Memiliki portofolio saham di masa pensiun berarti Anda dapat menjual saham untuk penghasilan kapan saja Anda butuhkan. Namun jika Anda memegang saham deviden, maka Anda bisa mendapatkan uang tanpa harus menjual sahamnya!

Penghasilan deviden memang tidak memiliki jaminan, untuk itulah, Anda harus pandai-pandai menyebar uang di perusahaan yang kokoh, sehat, serta berkembang. Anda bisa saja menerima pembayaran secara regular dan terus bertambah.

  1. Manfaatkan jaminan sosial Anda

Salah satu cara untuk mengoptimalkan jaminan sosial yang Anda miliki adalah dengan menunda klaim manfaatnya. Jika Anda menunggu hingga usia 70 tahun, maka secara otomatis dana yang Anda dapatkan bisa maksimal.

Demikian pula jika Anda menambah premi pada jaminan sosial yang Anda ikuti, tentu uang yang Anda dapatkan kelak akan lebih banyak dan lebih membantu di saat Anda butuhkan.

  1. Waspadai biaya tidak terduga

Ketika mulai merencanakan pensiun, Anda mungkin mempertimbangkan biaya hidup dasar seperti rumah dan kebutuhan hidup lainnya. Namun bagaimana jika Anda harus mengeluarkan uang untuk biaya tidak terduga? Maka sedari awal, disamping menyiapkan dana pensiun, Anda pun harus menyiapkan dana darurat.

Dana darurat tersebut akan berfungsi saat Anda mengalami kecelakaan, perbaikan rumah, atau jatuh sakit dan membutuhkan perawatan lebih intensif. Jika Anda telah mempersiapkan dana ini sedini mungkin, maka saat hal-hal tersebut terjadi, Anda tidak perlu membobol dana pensiun.

  1. Pahami apa yang menghambat Anda

Selama Anda menabung untuk dana pensiun, akan selalu ada hambatan yang merintangi jalan Anda. Contohnya saja, perceraian, transisi pekerjaan, biaya pendidikan anak, dan lainya. Persiapkan diri Anda untuk semua itu. Pahami bahwa hal-hal demikian dapat terjadi kapan saja dan pada siapa saja.

  1. Pindah ke rumah yang lebih kecil

Anak-anak telah tumbuh dewasa, sebagian mungkin sudah memiliki rumah tangga sendiri. Maka ada baiknya Anda berpindah dari rumah besar yang Anda diami selama ini ke rumah yang lebih kecil. Anda bisa memilih hidup di desa yang tenang bersama pasangan dan menikmati hari-hari menyenangkan di sana dengan biaya hidup yang lebih rendah.

Tentunya pilihlah tabungan asuransi pensiun yang paling menguntungkan menurut anda jangan lupa selalu konsultasikan dengan ahlinya. Selain tabungan pensiun upayakan juga untuk memiliki asuransi pendidikan terbaik bagi anak-anak anda.

Leave a reply "Tips Meningkatkan Dana Pensiun"