Cara Diet Sehat yang Benar Agar Hasil Maksimal

No comment 117 views

Diet Sehat yang Benar

Memiliki tubuh yang jauh dari kata proporsional tentu bukan menjadi idaman bagi banyak orang, terutama bagi para wanita. Ragam cara pun dilakukan demi mendapatkan tubuh yang ideal, mulai dari cara-cara yang ringan, hingga yang bisa mengundang resiko. Padahal ada cara diet sehat yang benar yang pastinya aman. Bahkan jika Anda mau melakukannya dengan disiplin, niscaya hasil yang diperoleh juga akan memuaskan.

Saat ini diet adalah salah satu cara yang paling aman untuk mendapatkan tubuh proporsional. Anda bisa memulai diet dengan mengurangi konsumsi garam dan menambah asupan protein. Garam merupakan salah satu mineral yang dibutuhkan oleh tubuh dalam jumlah yang sangat kecil. Kelebihan garam, bisa menyebabkan timbulnya berbagai macam penyakit seperti kolestrol, tekanan darah tinggi, jantung dan yang paling utama adalah meningkatnya bobot tubuh. Maka dari itu, Anda yang mulai menjalani diet sehat, baiknya hindari mengkonsumsi makanan/minuman yang mengandung garam. Perbanyaklah mengkonsumsi protein (sebagai sumber tenaga) serta jus buah/sayuran.

Nah, bagi Anda yang ingin sukses menjadi program diet sehat, berikut adalah cara-cara diet yang bisa Anda ikuti;

1. Makan makanan sehat dan bergizi seimbang

Sejak dibangku sekolah, kita pasti sudah diajari tentang apa saja makanan dan minuman yang sehat. Nah, bekal pengetahuan tersebut sebaiknya kita terapkan mulai dari sekarang. Hindari makanan/minuman yang mengandung banyak gula, garam serta minyak. Sebab makanan-makanan jenis ini mengandung banyak lemak dan mineral jahat yang dapat merusak diet Anda.

Sebaliknya perbanyaklah mengkonsumsi buah dan sayur, serta jangan lupa untuk mengkonsumsi daging tanpa lemak, ikan, aneka kacang dan biji-bijian. Jenis makanan ini sangat baik dikonsumsi, karena mudah diserap oleh tubuh dan tidak mengandung mineral jahat.

2. Porsi makan yang cukup

Boleh saja Anda diet dengan makanan/minuman yang sehat, namun semua itu bisa gagal jika Anda tidak mengatur porsi makan Anda. Segala sesuatu yang dikonsumsi secara berlebih akan meninggalkan masalah di dalam tubuh. Maka cara yang terbaik untuk memulai diet adalah dengan mengatur porsi makan yang cukup serta seimbang. Idealnya, dalam 1 porsi makan, terdapat pilihan makanan berupa daging (sumber protein), karbohidrat serta aneka sayuran berwarna warni. Dan itu sudah lebih dari cukup untuk melakukan diet sehat.

3. Mengatur jadwal makan dan tidak melewatkan makan

Pengaturan jadwal makan juga sangat mempengaruhi hasil dari diet yang Anda lakukan. Menahan lapar untuk tujuan menurunkan berat badan, sebenarnya tidak boleh dilakukan. Meskipun hal senada sering disampaikan oleh orang-orang yang akhirnya justru membuat masalah baru. Faktanya, menahan lapar terutama pada pagi hari akan membuat orang justru cenderung ‘balas dendam’ ketika makan siang. Akhirnya, Anda pun makan dengan kalap dan itu yang akan membuat diet Anda menjadi gagal.

Lantas bagaimana sebaiknya? Silahkan Anda makan secara normal, yakni 3-4x sehari namun dengan porsi yang sedikit. Pengaturan jadwal makan seperti ini, justru akan lebih baik dalam keberhasilan diet, ketimbang Anda harus menahan lapar yang teramat sangat.

Leave a reply "Cara Diet Sehat yang Benar Agar Hasil Maksimal"