Tips Mudah Cara Membersihkan Kaca Gedung

No comment 364 views

Membersihkan Kaca Gedung

Jendela merupakan salah satu elemen penting bagi sebuah bangunan/gedung. Meski letaknya kadang tersembunyi oleh gorden, namun kebersihannya mesti diperhatikan dengan seksama. Sebab, kaca jendela gedung itu sangat mudah sekali kotor. Jika sudah kotor, maka akan terlihat jelas meskipun pada jarak pandang yang jauh. Untuk itu, membersihkan kaca gedung harus dilakukan secara terjadwal sebelum menjadi sangat kotor.

Anda mungkin sudah tahu, bahwa kaca gedung tidak sama dengan kaca jendela pada biasanya. Umumnya, kaca pada gedung-gedung bertingkat itu lebih tebal dan lebih jernih. Selain itu harganya juga jauh lebih mahal dibanding dengan kaca jendela biasa. Karena keistimewaannya inilah, kaca gedung harus mendapatkan perawatan yang tepat, termasuk saat dilakukan pembersihan. Nah, berikut ini adalah beberapa tips yang bisa dilakukan ketika membersihkan kaca jendela gedung;

  1. Hindari membersihkan kaca saat cuaca cerah 

Jika Anda beranggapan jika cuaca cerah adalah waktu yang tepat untuk membersihkan jendela, bisa jadi anggapan Anda itu salah. Memang, saat cuaca cerah kita lebih mudah melihat adanya kotoran yang melekat di jendela. Namun ketika kita membersihkan kaca disaat cuaca cerah, akan lebih banyak sabun pembersih yang dihabiskan.

Hal ini terjadi lantaran cairan pembersih akan lebih cepat menguap saat cuaca cerah. Dan bukan hanya itu saja, tindakan itu juga akan menimbulkan permasalahan baru. Sabun pembersih yang mengering, akan menimbulkan bercak yang sulit untuk dihilangkan. Maka dari itu, sebaiknya membersihkan kaca dilakukan pada saat cuaca tidak begitu terik. Baiknya dilakukan pada saat pagi sebelum matahari terlalu tinggi. Atau sore ketika matahari mulai terbenam.

  1. Bersihkan kaca dari atas ke bawah

Grativitasi bumi mendorong benda-benda untuk selalu jatuh ke bawah. Nah, hal ini tentunya menjadi prinsip yang tepat saat Anda melakukan pembersihan kaca. Menyemprotkan air (cairan pembersih kaca) dan membiarkannya jatuh hingga membasahi bagian-bagian lain jendela, akan memudahkan pekerjaan kita. Sebab dengan cara ini, kotoran akan ikut terbawa jatuh bersama dengan air. Selanjutnya lakukan gerakan membersihkan kaca mulai dari atas lalu tarik ke bawah, dengan begitu kotoran pun tidak akan kembali lagi naik.

  1. Gunakan sarung tangan saat membersihkan kaca dengan koran 

Sebagian orang lebih suka menggunakan koran bekas untuk membuat kaca menjadi lebih mengkilap. Cara ini memang ada benarnya, namun tidak semua orang mau melakukannya. Alasan utamanya tentu adalah karena koran dapat menimbulkan noda hitam pada tangan. Nah, untuk mengantisipasinya, Anda bisa melapisi tangan Anda dengan sarung tangan sebelum melakukan pembersihan menggunakan koran.

  1. Gunakan Wiper

Tips lainnya adalah dengan menggunakan wiper untuk hasil akhir yang lebih jernih. Nah, jika biasanya Anda menggunakan kain atau koran bekas untuk membersihkan kaca. Cobalah untuk beralih menggunakan wiper. Wiper merupakan alat bantu pembersih kaca, biasanya ini digunakan pada jendela dengan bidang besar (kaca mati). Penggunaan wiper juga sangat berguna untuk mencegah timbulnya goresan-goresan pada kaca, akibat pasir atau kain pembersih yang kurang halus.

Leave a reply "Tips Mudah Cara Membersihkan Kaca Gedung"