Pentingnya Punya Asuransi Terhadap Risiko Cyber

No comment 82 views

broker asuransi dan konsultan manajemen risiko

Produk asuransi saat ini semakin berkembang dengan jenis yang sangat beragam seiring dengan risiko yang juga semakin berkembang. Salah satu produk asuransi yang saat ini menjadi kebutuhan berbagai pihak terutama perusahaan ditengah perkembangan teknologi yaitu asuransi cyber.

Di era perkembangan teknologi dan akses internet, keamanan siber menjadi hal penting dan wajib menjadi fokus utama dan tidak boleh dianggap remeh. Risiko siber bukan hanya menjadi tanggung jawab departemen IT saja, tetapi semua pihak yang terkait dengan bisnis tersebut harus memiliki pemahaman yang baik terhadap data dan informasi perusahaan.

Risiko penggunaan sistem berbasis online jika tidak dikelola dengan baik dan benar akan menimbulkan permasalahan. Dan jika tidak ditangai dengan baik maka dapat berimbas kepada reputasi, komersial dan pastinya kerugian finansial yang akan dialami.

Sepanjang tahun 2019, sistem monitoring nasional Mata Garuda BSSN mencatat 290,3 juta serangan siber menyasar Indonesia. Serangan siber terbesar didominasi oleh serangan dengan menggunakan metode malware.

Karenanya, sangat penting bagi perusahaan baik besar, menengah maupun kecil menerapkan pengelolaan risiko termasuk analisis risiko cyber terhadap segala jenis aset data dan penyimpanan database dan informasi online. Tindakan pencegahan dibutuhkan mulai dari keamanan perangkat software dan hardware mencakup keamanan website, sistem keuangan, sistem database hingga perangkat seperti komputer dan perangkat tersambung internet.

Cyber Insurance dibutuhkan sebagai back up dari upaya pencegahan dan pengamanan cyber yang sudah dilakukan sebagai salah satu cara untuk meminimalisir kerugian finasial jika sistem keamanan yang dimiliki masih dapat diterobos oleh cyber hacker.

Beberapa manfaat perlindungan yang berikan oleh asuransi cyber antara lain adalah:

  • Phising fraud, perbaikan reputasi, menghilangkan virus, mencari perangkat yang dicuri, termasuk konseling untuk perundungan online.
  • Produk asuransi cyber untuk pelaku perusahaan kecil hingga besar termasuk di dalamnya adalah tanggung jawab setelah ada serangan, bantuan hukum, dan kemungkinan masalah finansial.
  • Jaminan tentang konsekuensi keuangan dari kehilangan atau penyalahgunaan data pelanggan atau karyawan.
  • Administratif perusahaan asuransi nantinya juga akan menjamin denda dan biaya-biaya investigasi oleh otoritas perlindungan data yang dapat menjadi signifikan mengikuti adanya pelanggaran keamanan data.
  • Penjaminan data elektronik perusahaan asuransi melalui biaya pemulihan, pengumpulan atau menciptakan kembali setelah kebocoran atau pelanggaran data jika hal tersebut terjadi.

Itulah beberapa manfaat perlindungan yang bisa diterima oleh pemegang polis asuransi cyber dari berbagai kemungkinan risiko cyber yang bisa mengintai dikemudian hari.

Produk asuransi cyber tersedia baik untuk perusahaan berskala kecil hingga besar, termasuk bagi para pelaku bisnis kecil dan menengah. Melihat fakta yang ada saat ini, para pelaku bisnis kecil dan menengah diharapkan makin waspada terhadap serangan siber yang siap mengintai bisnis sedang berjalan, terutama dalam situasi pandemi dimana kegiatan online menjadi lebih meningkat.

Kondisi ini jika dibiarkan tanpa solusi nantinya akan merugikan para pelaku bisnisnantinya, bukan tidak mungkin kerugian yang diterima bisa berakibat fatal bagi jalannya bisnis yang sudah dirintis susah payah mulai dari nol.

Namun, memilih jenis asuransi cyber memang bukan perkara mudah, namun hal ini bisa dilakukan dengan menggunakan bantuan broker asuransi dan konsultan manajemen risiko, misalnya Marsh Indonesia. Broker asuransi akan membantu dalam menilai dan melakukan analisa untuk meminimalisir risiko kerugian perusahaan jika terkena serangan cyber dan penyusupan data serta memberikan pilihan asuransi cyber yang sesuai.

Itulah pentingnya memiliki asuransi cyber sebagai salah satu cara untuk meminimalkan risiko kerugian finansial perusahaan.

Leave a reply "Pentingnya Punya Asuransi Terhadap Risiko Cyber"