Penyebab dan Cara Mengatasi Rambut Berminyak

No comment 101 views

Cara Mengatasi Rambut Berminyak

Rambut lepek dan berminyak merupakan salah satu permasalahan rambut yang tak jarang terjadi. Bagi sebagian wanita, kondisi rambut yang demikian, tentu menjadi masalah yang cukup serius karena dapat membuat penampilan menjadi kurang menarik, bahkan dapat menurunkan rasa percaya diri saat tampil di depan umum. Nah, jika sudah begini, harus segera di cari cara mengatasi rambut berminyak.

Sebelum lebih jauh untuk mengatasi masalah rambut berminyak, ada baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu apa sih yang menjadi penyebabnya. Seringkali kita bertanya-tanya, sudah melakukan berbagai perawatan rambut namun mengapa masih saja timbul masalah rambut berminyak. Untuk lebih jelasnnya mengenai hal ini, berikut beberapa penyebab dan solusinya;

  1. Produk Perawatan Rambut Yang Digunakan

Jika masalah rambut berminyak kerap timbul, mungkin salah satu penyebabnya adalah produk perawatan rambut yang Anda gunakan kurang tepat. Dalam hal ini adalah yang berkaitan dengan shampoo. Tidak semua shampoo bisa digunakan untuk semua jenis rambut. Kebanyakan shampoo hanya berfokus untuk menghilangkan ketombe atau rambut rontok saja. Tidak untuk menjaga kelembapan kulit kepala ataupun mengangkat minyak di rambut.

Sebagai solusinya, sebaiknya cek kembali shampoo yang biasa Anda gunakan. Pastikan bahwa shampoo yang Anda gunakan sudah mengandung conditioner. Conditioner pada shampoo berfungsi untuk menjaga kelembapan kulit kepala dan rambut. Selain itu, juga efektif untuk mengangkat minyak alami pada rambut, sehingga rambut tidak berminyak dan lepek.

Anda juga bisa menggunakan conditioner yang terpisah dari shampoo. Namun apabila Anda ingin menggunakan conditioner, pastikan Anda tidak menggunakan layaknya Anda menggunakan shampoo. Menggunakan conditioner, tidak boleh mengenai kulit kepala. Sebaiknya gunakan hanya untuk melapisi ujung-ujung atau permukaan rambut saja. Dan saat digunakan, jangan langsung di bilas, namun biarkan beberapa menit hingga sebagian nutrisi pada conditioner terserap oleh rambut. Dengan begitu penggunaan conditioner menjadi lebih efektif.

  1. Keramas dengan Air Dingin

Kebiasaan keramas dengan air hangat ternyata kurang bagus untuk kesehatan rambut. Penggunaan air hangat saat keramas dapat merangsang kelenjar yang dapat menghasilkan sebum pada kulit kepala. Kelenjar ini akan membuat rambut menjadi lebih berminyak. Maka dari itu sebaiknya hindari kebiasaan keramas dengan air hangat, cukup dengan menggunakan air dingin (biasa) saja, akan membantu menghentikan produksi sebum yang berlebih, selain itu kutikula rambut pun akan menutup sehingga produksi minyak alami pada rambut akan lebih terkontrol.

  1. Kebiasaan Setelah Keramas 

Banyak orang yang suka menunda-nunda untuk mengeringkan rambut begitu selesai keramas. Entah karena malas atau memang karena lupa, rambut terus lembap sampai terbangun tidur. Nah, untuk menjaga kesehatan rambut terutama untuk mengontrol minyak berlebih pada rambut, sebaiknya begitu Anda selesai keramas, keringkan dengan menggunakan hairdryer. Dengan kondisi rambut kering usai keramas, akan mengurangi produk minyak di rambut dan membuat rambut Anda tetap mengembang.

Leave a reply "Penyebab dan Cara Mengatasi Rambut Berminyak"