Jenis-jenis Sampah yang Paling Sulit Terurai

No comment 102 views

sampah plastik

Sampah merupakan salah satu permasalahan lingkungan yang paling sulit untuk diatasi. Tak hanya di Indonesia, di negara-negara maju sekalipun, sampai dengan saat ini penanganan sampah masih belum menunjukkan penurunan angka yang berarti. Sebut saja sampah plastik, seperti yang sudah diketahui bahwa sampah plastik merupakan jenis sampah yang paling banyak digunakan. Hampir setiap kemasan produk apapun menggunakan bahan plastik, meskipun sudah ada himbauan untuk menggunakan bahan non-plastik.

Selain itu kebiasaan masyarakat yang kurang baik juga memperparah kondisi lingkungan. Banyak masyarakat yang kurang peduli terhadap sampah, dan seringkali membuang sampahnya secara sembarangan ke parit, sungai, laut dan sebagainya. Jadi kalau sudah begini, permasalahan sampah akan sangat sulit untuk diatasi. Nah, buat Anda yang kurang begitu peduli pada bumi, berikut ini adalah beberapa jenis sampah yang paling sulit terurai secara alami.

  1. Kaleng Aluminium

Minum minuman bersoda pada kemasan kaleng aluminium memang sangat nikmat dan praktis untuk di bawa. Selain itu harganya juga sangat terjangkau dan mudah ditemukan dimana-mana. Jadi pantas saja jika minuman kaleng sangat digemari oleh orang-orang di seluruh penjuru bumi. Namun sadarkah Anda, jika sampah yang dihasilkan dari minuman kaleng ini akan sangat sulit untuk terurai?

Kaleng bekas minuman itu terbuat dari bahan yang sulit terurai, aluminium. Oleh bumi, kaleng aluminium ini baru akan terurai setelah 80 s.d 200 tahun. Coba bayangkan jika Anda terus membuang secara sembarangan sampah kaleng minuman Anda, maka saat Anda tua nanti, kaleng-kaleng terus akan terus awet muda dan menjadi sampah yang tak terurai di bumi.

  1. Kantong Plastik

Penggunaan kantong plastik sebagai bahan bawaan saat berbelanja juga merupakan salah satu permasalahan lingkungan yang serius. Pemanfaatan kantong plastik seperti ini sifatnya hanya sekali pakai. Jadi, begitu barang belanjaan sudah sampai di rumah, kantong plastik akan di buang dan menjadi residu bagi bumi. Dan tahukah Anda, jika sampah kantong plastik yang Anda buang, baru akan terurai di tanah setelah 10 s.d 1000 tahun.

  1. Popok Bayi

Sebelum perkembangan teknologi seperti sekarang, orang tua kita menggunakan popok kain untuk bayi mereka. Selain lebih murah, penggunaan popok kain juga dapat menjaga bumi dari kerusakan. Namun berbeda kondisinya sekarang, penggunaan popok kain sudah tergerus dengan keberadaan popok bayi yang terbuat dari plastik dan kapas. Pospak, nama lain dari popok plastik ini disukai oleh orang-orang lantaran lebih praktis dan begitu siap di pakai tinggal di buang. Selain itu, pospak juga lebih tahan lama menampung air kencing bayi, sehingga sangat cocok untuk digunakan ketika sedang melakukan perjalanan.

Namun dibalik kepraktisannya tersebut, ternyata pospak memiliki dampak yang serius bagi bumi. Bahan dasarnya yang terbuat dari sintetis, sangat sulit terurai. Butuh waktu 500 tahun untuk pospak terurai di tanah. Maka dari itu, jika orang tua lebih banyak menghabiskan waktu di rumah, baiknya hindari penggunaan popok sekali pakai untuk bayi. Sebagai gantinya Anda bisa menggunakan popok kain modern yang biasa disebut dengan clodi. Popok clodi sama praktisnya dengan pospak, karena bentuknya memang sangat mirip. Hanya saja popok clodi bisa dicuci dan dipergunakan kembali sehingga tidak menimbulkan residu.

Leave a reply "Jenis-jenis Sampah yang Paling Sulit Terurai"