SehatQ.com: 3 Penyakit yang Beresiko Terpapar Covid-19

No comment 263 views

Covid-19

Virus Covid-19 atau yang biasa dikenal dengan nama corona, menjadi salah satu penyakit mematikan yang paling ditakuti hampir di seluruh dunia. Di Indonesia sendiri, korban meninggal akibat keganasan virus ini sudah mencapai angka ribuan jiwa, hanya dalam beberapa minggu saja. Serta puluhan ribu orang kabarnya sudah terpapar virus tersebut dan perlu diwaspadai.

Saat ini informasi terkait dengan virus corona sudah mudah ditemukan di mana saja. Melalui media online, Anda bisa menemukan informasi lengkap mengenai covid-19 melalui situs sehatq.com. Menurut sejumlah pakar kesehatan, orang yang terkena virus corona, biasanya akan menunjukkan beberapa gejala, mulai dari yang berat, ringan hingga berdasarkan informasi terkini yang beredar bahkan juga terjadi tanpa gejala. Dengan kondisi yang seperti ini, kita diwajibkan untuk selalu waspada agar dapat terhindar dari corona. Khususnya bagi mereka yang termasuk ke dalam kelompok orang yang rentan terhadap paparan virus corona. Mereka-mereka itu adalah para lansia, tenaga medis, anak-anak hingga orang-orang yang sudah memiliki riwayat penyakit tertentu.

Terkhusus bagi mereka yang sudah memiliki penyakit bawaan, corona virus menjadi amat sangat berbahaya. Sebab virus ini sistem kekebalan tubuh, yang mampu menurunkan imun tubuhnya. Jadi, jika seseorang sudah memiliki riwayat penyakit sebelumnya, maka setelah terpapar corona, justru akan semakin memperburuk keadaan bahkan dapat menimbulkan kematian. Nah, lantas apa sajakah penyakit yang rentan terpapar virus corona? Berikut ulasan selengkapnya.

  1. Penyakit Jantung dan Stroke

Menurut badan kesehatan dunia (WHO), penderita Penyakit Jantung dan Stroke masuk dalam urutan pertama orang yang paling rentan terpapar virus covid-19. Penyakit jantung menjadi kondisi di mana jantung dalam keadaan kurang baik dan mampu menurunkan sistem kekebalan tubuh dengan sangat cepat.

Dalam hal ini penyakit jantung meliputi stroke, jantung koroner, penyempitan rongga jantung dan gagal jantung. Bagi Anda yang menderita penyakit ini, sudah selayaknya untuk selalu waspada agar tidak terkena virus corona. Sebab, kebanyakan orang yang sudah positif corona, memiliki riwat penyakit jantung dan stroke sebelumnya.

  1. Diabetes

Penyakit selanjutnya yang beresiko tinggi terpapar virus covid-19 adalah penderita penyakit diabetes. Penyakit diabetes merupakan penyakit yang ditandai dengan meningkatnya gula darah hingga pada batas normal. Kondisi ini, akan membuat orang tubuh terganggu. Bahkan pada kondisi yang lebih parah, diabetes yang tidak terkontrol akan menyebabkan sistem imun tubuh melemah.

Meskipun tidak ada penelitian yang akurat mengenai penyakit diabetes dan pengaruhnya pada virus corona, namun Anda tetap perlu mewaspadai. Dan yang paling penting, selalu kontrol kadar diabetes Anda dengan cara mengatur pola makanan sehat dan minum air putih yang cukup setiap hari. Atau bila diperlukan dapat melakukan konsultasi ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Sedangkan bila Anda ingin mendapatkan informasi mengenai diabetes secara mandiri, Anda bisa mengakses situs  SehatQ.

  1. Infeksi Saluran Pernapasan Kronis

Dari hasil pemeriksaan medis pada sejumlah orang yang positif terkena covid-19, ternyata penyakit bawaan berupa infeksi saluran pernapasan kronis menjadi salah satu yang paling perlu untuk diwaspadai. Penyakit yang masuk ke dalam kategori ini adalah asma kronis dan pneumonia.

Ketika virus corona masuk ke dalam saluran pernapasan, orang-orang dengan penyakit bawaan tersebut akan mengalami rasa sesak yang sangat hebat di bagian dada dan akan membuatnya kesulitan untuk bernafas. Maka dari itu, sudah selayaknya Anda mewaspadai agar tidak terpapar virus corona.

Leave a reply "SehatQ.com: 3 Penyakit yang Beresiko Terpapar Covid-19"