Tips Membeli Mobil Lelang Biar Tidak Tertipu

No comment 139 views

IBID

Membeli mobil lelang bukanlah sesuatu yang buruk. Yah, meskipun membeli mobil lelang berarti membeli mobil bekas. Namun, jika kita paham caranya, maka bisa jadi kita akan mendapatkan mobil bekas tanpa takut akan tertipu.

Saat ini membeli mobil lelang dapat dilakukan dimana saja. Selain melalui sistem lelang konvensional, membeli mobil lelang juga bisa dilakukan secara online melalui situs-situs lelang kendaraan terpercaya seperti di ibid. Perlu Anda ketahui bahwa sistem lelang yang digunakan ibid merupakan salah satu yang terbaik di Indonesia. Nah, bagi Anda yang berencana ingin membeli mobil lelang, berikut adalah tips yang perlu Anda ketahui agar tidak tertipu;

  1. Perhatikan Waktu

Hal pertama yang mesti Anda perhatikan saat Anda akan membeli mobil lelang adalah masalah waktu. Pemilihan waktu yang tepat akan memungkinkan Anda untuk mendapatkan mobil yang sesuai dengan keinginan Anda. Mungkin Anda pernah tahu, jika permintaan akan mobil semakin meningkat menjelang Lebaran. Biasanya banyak orang yang akan me-leasing mobil pada momen-momen seperti itu. Namun begitu habis lebaran, mulai banyak orang kesulitan untuk membayarnya, sehingga tidak ada cara lain untuk menjual mobil dengan sistem lelang. Mobil lelang akan dijual lebih rendah dibanding harga pasaran. Dan ini merupakan kesempatan bagus untuk Anda, untuk mendapatkan mobil yang belum lama pakai, dengan harga yang miring.

  1. Perhatikan Tempat

Masalah tempat juga harus menjadi perhatian Anda sebelum mulai ikutan lelang. Tidak semua tempat di Indonesia menyediakan balai lelang, bahkan beberapa balai hanya tersedia di kota-kota tertentu saja, seperti Jakarta, Bandung, Surabaya, Semarang dan sekitarnya. Sebagai solusinya bila lelang tidak tersedia di Kota Anda, Anda bisa mengikuti lelang secara online. Namun tetap pastikan bahwa situs pelelangan mobil yang akan Anda ikuti adalah trusted dan diakui secara resmi, demi mencegah hal-hal yang tidak Anda inginkan.

  1. Teliti dan Jeli Saat Memilih

Jika memungkinkan untuk dapat hadir secara langsung di balai lelang. Maka sebaiknya Anda teliti terlebih dahulu mobil yang Anda lelang. Disini dibutuhkan kejelian Anda dalam memperkirakan kondisi mobil secara fisik maupun dari segi mesinnya. Biasanya Anda akan diberikan kesempatan 3-5 hari untuk melakukan pengecekan secara mandiri. Bila semuanya sudah Anda rasa ‘oke’ maka lelang bisa Anda ikuti.

  1. Bandingkan Dengan Harga Pasaran

Jangan terburu-buru mengambil keputusan. Sebaiknya Anda membandingkan terlebih dahulu harga lelang dengan harga mobil pasaran. Anda bisa mencari referensi seputar harga mobil bekas yang tipe yang sama, secara online atau datang langsung ke pusat-pusat penjualan mobil. Dengan begitu Anda tidak terjebak dengan harga yang justru menjadi lebih mahal saat di pelelangan.

  1. Cek Kondisi Mobil Setelah Menang Pelelangan

Melakukan pengecekan setelah Anda menang lelang, sama pentingnya dengan melakukan pengecekan sebelum lelang di mulai. Hal ini bertujuan agar mobil yang akan Anda terima sama dengan kondisinya saat dengan yang di lelang.  Meskipun kondisi seperti ini jarang terjadi, namun tidak ada salahnya juga untuk tetap waspada, bukan!

Leave a reply "Tips Membeli Mobil Lelang Biar Tidak Tertipu"