Macam-Macam Gangguan Menstruasi yang Perlu Kamu Tahu

nyeri haid hari pertama

Nyeri haid hari pertama tentu begitu menyiksa. Akan tetapi, hal ini normal terjadi. Selain nyeri tersebut, tahukah Kamu bahwa sebenarnya terdapat gangguan menstruasi lain yang harus lebih Kamu cermati. Gangguan menstruasi tersebut bisa begitu beragam dan di antaranya wajib Kamu waspadai. Untuk itu, sebaiknya Kamu menyimak informasi terkait gangguan menstruasi tersebut sebagai berikut.

Macam-Macam Gangguan Menstruasi

  1. Amenorea

Amonorea adalah salah satu gangguan menstruasi yang perlu Kamu cermati. Gangguan menstruasi ini terbagi menjadi dua yaitu amonorea primer dan sekunder.

Amonorea primer adalah suatu gangguan dimana bagi seorang wanita yang tidak mengalami haid hingga berusia 16 tahun. Berbanding terbalik dengan itu, amonorea sekunder merupakan gangguan bagi seorang wanita dalam masa subur yang tidak mengalami menstruasi selama 3 bulan lebih.

Indikasi penyebab amonorea di antaranya kekurangan gizi, olahraga yang berlebihan, stres berat, efek samping obat-obatan tertentu, mengalami sakit tertentu hingga penggunaan konstrasepsi. Jika Kamu mengalami gejala-gejala tersebut, ada baiknya Kamu menghubungi klinik terdekat untuk melakukan konsultasi.

  1. Dismenorea

Dismenorea adalah salah satu gangguan menstruasi yakni timbunya rasa nyeri tak tertahankan pada haris pertama dan kedua dalam siklus haid. Nyeri haid hari pertama ini menimbulkan sensasi rasa nyeri yang sangat pada bagian perut bawah. Sensasi rasa nyeri tersebut bahkan menyebar hingga ke area paha dan punggung. Tidak jarang nyeri tersebut disertai dengan sakit kepala, mual hingga muntah.

Penyebab gangguan dismenorea ini disebabkan karena adanya kadar hormon prostaglandin yang tinggi pada hari pertama menstruasi. Nyeri ini biasanya makin bertambah seiring berjalannya waktu terutama setelah Kamu melahirkan.

Cara mengatasi dismenore ini, Kamu bisa segera mengunjungi tenaga medis terdekat untuk melakukan konsultasi.

  1. Oligomonorea

Oligomonorea adalah satu dari sekian jenis gangguan menstruasi berupa keterlambatan siklus haid yakni lebih dari 35-90 hari atau kurang dari 8 hingga 9 kali dalam setahun. Gangguan ini biasanya dialami oleh Kamu yang baru memasuki masa pubertas atau yang memasuki masa menopause.

Penyebab utama gangguan oligomonporea di antaranya penggunaan konstrasepsi hormonal, gangguan ovulasi, terlalu sering melakukan aktivitas berat, penyakit diabetes, permasalahan psikologis, depresi hingga efek samping penggunaan obat-obatan tertentu seperti antiepilepsi dan antipsikotik.

Untuk menanggulangi gangguan ini, Kamu bisa segera menghubungi dokter terdekat untuk melakukan konsultasi.

Leave a reply "Macam-Macam Gangguan Menstruasi yang Perlu Kamu Tahu"