Ini Jenis-jenis Kartu Kredit yang Mesti Anda Ketahui

apply kartu kredit di bank

 

Kartu kredit merupakan salah satu opsi pembayaran non-tunai yang paling banyak digunakan saat ini. Berbeda dengan kartu debit, apply kartu kredit bank tidak dapat dilakukan secara sembarangan. Karena ada hal-hal yang mesti Anda lengkapi terlebih dahulu sebelum akhirnya bisa Anda miliki.

Memiliki kartu kredit memang sangat menyenangkan. Kartu ini bisa digunakan pada banyak merchant tergantung dari jenis kartu kreditnya. Penggunannya yang sangat praktis, karena hanya perlu menggesekkan kartu saat berbelanja retail atau dengan memasukkan 16 digit nomor kartu pada pembayaran online, membuat banyak orang tertarik untuk memiliki kartu pintar ini. Namun semua kemudahan tersebut harus tetap menjadi pertimbangan Anda saat menggunakan. Jangan sampai, penggunaannya yang sangat mudah ini membuat Anda justru menjadi boros, sehingga yang ada justru akan membebani keuangan Anda.

Jenis-jenis Kartu Kredit dan Perbedaannya

Di Indonesia kita mengenal dua jenis kartu kredit yang umum digunakan, yakni VISA dan MasterCard. Meskipun keduanya sama-sama provider kartu kredit dan dapat digunakan pada merchant yang sama. Namun ternyata kedua jenis kartu kredit ini memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Perbedaannya antara lain:

1. Perusahaan Provider

Hal yang paling mudah dibedakan dari kedua jenis kartu ini tentu adalah terkait perusahaan yang berada di belakangnya. VISA merupakan produk dari Visa International Service Association (VISA .INC) yang bermarkas di Foste City, California. Sedangkan MasterCard adalah produk dari perusahaan MasterCard Worldwide, yang berlokasi di Purchase, New York. Dan MasterCard sendiri merupakan pesaing dari VISA.

2. Popularitas dan Jangkauan

Baik kartu kredit VISA ataupun MasterCard, hanya berlaku pada merchant-merchant yang sudah bekerja sama dengan kedua perusahaan tersebut. Misalnya, sebuah perusahaan elektronik sudah bekerja sama dengan MasterCard, maka apabila seorang konsumen ingin bertransaksi di toko tersebut maka harus menggunakan kartu kredit berjenis MasterCard saja. Dan biasanya MasterCard sangat populer di negara Amerika dan Eropa, sedangkan di negara Asia, VISA masih mendominasi.

3. Jenis Kartu Kredit dan Keuntungannya

Pada keduanya, baik VISA maupun MasterCard, terdapat 3 jenis kartu kredit yang sama, yaknik Classic, Gold dan Platinum. Ketiga jenis kartu kredit keluaran VISA dan MasterCard, menjadi penanda limit penggunaan kartu yang bisa digunakan. Yang terendah tentu adalah Classic yang biasanya hanya berlimit 2 – 3 juta saja. Sedangkan limit yang paling tinggi digunakan pada kartu jenis Platinum yang bisa mencapai 100 juta ke atas.

4. Perlindungan nasabah

Baik VISA maupun MasterCard memiliki cara yang berbeda dalam upaya untuk melindungi nasabah. VISA memberikan perlindungan pada nasabahnya dengan pengamanan berupa Pin Statis atau One Time Password (OTP) ke dalam jendela Verified by VISA. Dengan cara ini, karena kredit Anda akan lebih aman dari aksi kriminal atau penyalahgunaan kartu yang berakibat pada kerugian. Kode OTP biasanya akan dikirimkan ke nomor ponsel nasabah, jadi Anda bisa memantau apabila terdapat aktifitas yang mencurigakan.

Berbeda dengan VISA, MasterCard melindungi nasabah dengan menggunakan proteksi tambahan berupa Secure Code. Jadi tidak hanya OTP saja yang menjadi pengaman pertama, namun juga terdapat kode pin tambahan yang harus dimasukkan ketika melakukan transaksi secara online. Dengan penambahan keamanan ini, transaksi online Anda menjadi lebih nyaman dan aman.

5. Biaya Transaksi

Kedua provider kartu kredit ini mengenakan biaya transaksi yang berbeda. Pengguna VISA yang melakukan transaksi di luar negeri, biasanya akan dikenakan biaya transaksi sebesar 1% (lebih) dari total transaksi Anda saat itu. Sedangkan MasterCard, hanya dikenakan biaya 0,2% hingga 1% tergantung pada merchant-nya.

Leave a reply "Ini Jenis-jenis Kartu Kredit yang Mesti Anda Ketahui"