Mengenal Apa itu Load Bank

No comment 384 views
test load genset

 

Load bank adalah suatu alat yang digunakan untuk melakukan test load genset, pengetesan terhadap kemampuan transformer dan juga battery. Load bank terbagi menjadi beberapa macam. Load bank yang umumnya sering ditemui antara lain adalah dummy load, yaitu load bank yang menggunakan electric air garam, dan load bank yang menggunakan Electric Heater maupun Grid Resistor.

Load bank berfungsi untuk mengetahui seberapa besar kemampuan genset, battery, dan transformer sebelum dioperasikan langsung ke beban nyata. Selain itu, load bank juga digunakan untuk mengetahui apakah ada perubahan karakteristik pada genset, battery, atau transformer adana apakah sudah sesuai dengan label kapasitas yang ada atau belum.

Contohnya untuk mengetahui frekuensi. Apakah dengan semakin tingginya pembebanan frekuensi genset, maka akan tetap stabil sebagaimana kerja genset tanpa beban. Begitu juga dengan tegangannya. Apakah masih tetap bertahan di titik tegangan yang seharusnya. Lalu, bagaimana dengan sistem tekanan minyak pelumas dan temperatur mesinnya.

Dengan menggunakan load bank untuk melakukan tesn load genset atau simulasi tes beban, maka perubahan parameter yang terjadi dapat diamati. Apakah perubahan-perubahan dari variabel hasil ini tersebut cukup untuk memberikan keamanan yang tinggi pada mesin itu sendiri. Lalu, apakah cukup memenuhi syarat juga hal ini diaplikasikan ke beban yang riil atau nyata.

Selain untuk uji load genset, load bank juga memiliki fungsi yang lain. Salah satunya adalah sebagai emdia pengalih beban sementara atau sebagai pembuang beban. Misalnya, dari satu unit generator yang sedang bekerja dengan beban penuh, tiba-tiba sebagian besar beban harus hilang ataupun dihilangkan dengan sengaja untuk berbagai macam sebab. Maka genset ini dapat mengalami overspeed.

Untuk mengatasi genset agar tidak overspeed, maka peran load bank di sini adalah untuk memindahkan beban yang hilang tersebut ke unit load bank untuk sementara waktu sesuai dengan program pengaturannya. Selanjutnya, bisa diatur sendiri penggunaan genset tersebut baik secara manual ataupun dengan mengikuti langkah program yang lain yang sudah diprogram dalam sistem tersebut sejak awal.

Nah, bagi Anda yang ingin menyewa load bank untuk uji load genset, ataupun untuk mengetahui informasi lebih detail mengenai load bank, Anda dapat mengunjungi website Sewatama di situs https://sewatama.com/id/.

Leave a reply "Mengenal Apa itu Load Bank"