Cara Efektif Mendidik Anak Agar Patuh pada Perintah Orang Tua

cara mendidik anak

Setiap orang tua punya cara mendidik anak –nya sendiri. Kita tidak bisa menyamakan persepsi dalam tata cara mendidik si kecil. Beda anak, tentu beda pula cara mendidiknya. Bahkan dalam satu keluarga sekalipun, tentu ada trik-trik yang perlu dipersiapkan agar anak dapat dikendalikan oleh orang tua. Namun satu hal yang sama, dalam mendidik anak tidak boleh dilakukan dengan cara-cara kekerasan. Sebab, cara kekerasan justru hanya akan melahirkan anak yang rewel dan bahkan menjadi pribadi yang tempramen. Jika sudah begitu, maka akan berdampak buruk pada perkembangannya ataupun dalam pergaulannya di kalangan teman sebaya.

Orang tua sebaiknya punya strategi yang jitu dalam mengendalikan anaknya, misalnya pada saat si anak menangis. Ketika anak menangis, tentu ada sesuatu yang salah pada dirinya. Tidak mungkin anak itu menangis tanpa sebab, bahkan bila ia ingin bermanja-manja sekalipun dengan Anda, ia akan cenderung merengek dan menangis. Jika sudah seperti itu perlu dilakukan cara yang bijak agar anak bisa berhenti menangis tanpa perlu membentak atau bahkan memukulnya.

Nah, bagi Anda yang kerap bermasalah dalam mendidik anak. Berikut adalah cara efektik dalam mendidik anak agar patuh pada perintah Anda.

  1. Dengarkan si kecil dulu

Sering kali ketika kita menyuruh sesuatu pada anak, ia malah menolak perintah kita bahkan berpura tidak mendengarkan. Nah, jika seperti ini kondisinya, Anda tidak perlu marah-marah kepada si kecil, Anda sebaiknya mendengar terlebih dahulu apa yang menjadi alasan si kecil untuk menolak perintah Anda.

Biasanya anak menolak perintah orang tuanya karena lantaran capek belajar, sedang tidak enak hati (badmood), sedang asik nonton tayangan kesukaannya dan segala macamnya. Nah, sebagai orang tua, Anda sebaiknya mendengarkan apa yang ia keluhan dengan baik, sembari memberikan solusi atas hal-hal yang membuat mood nya menjadi tidak enak. Dengan komunikasi yang seperti ini, si kecil akan nyaman saat menceritakannya pada Anda. Dan jika suasana hatinya sudah kembali normal, maka ia pun akan dengan segera mendengarkan perintah Anda.

  1. Panggil namanya dengan manja

Membentak anak saat ia sedang tidak mau mendengarkan perintah Anda bukanlah solusi yang tepat. Membentak hanya akan menambah rasa takut tanpa meredakan emosinya. Bahkan kebanyakan kasus orang tua yang suka membentak anaknya, justru anak tersebut akan menjadi pembangkang. Layaknya orang dewasa yang di bentak oleh bos hanya karena permintaan sepele, perasaan tidak nyaman juga akan dirasakan pada si kecil saat ia dibentak oleh orang tuanya.

Untuk mensiasatinya, maka panggillah si kecil dengan panggilan yang manja. Sambil ajak ia untuk bermain permainan yang ia sukai. Jika ia tertarik dengan bujuk rayu Anda, maka ia pun akan mendengar hal-hal apa yang ingin Anda sampaikan.

  1. Tatapan mata yang hangat

Tatapan mata juga bisa menjadi salah satu cara yang cukup ampuh untuk mendidik si kecil agar mau mendengarkan perintah orang tua. Jangan sesekali menatap si kecil saat ia menolak perintah Anda dengan mata yang marah dan penuh emosi. Hal ini akan menimbulkan rasa takut pada dirinya, sehingga akan semakin sulit untuk membujuknya agar mau mendengarkan apa yang Anda perintahkan.

Sebaiknya berilah ia tatapan yang hangat, sambil sesekali membujuknya dengan manja. Dengan perhatian yang seperti itu, maka dengan sukarela si kecil pun akan kembali mendengarkan perintah Anda.

Leave a reply "Cara Efektif Mendidik Anak Agar Patuh pada Perintah Orang Tua"