Bakal Jadi Penyangga Ibu Kota Baru, Ini 6 Keunggulan Kota Samarinda

ibu kota baru di Kalimantan Timur

 

Keputusan Presiden Jokowi terkait pemindahan ibu kota baru di Kalimantan Timur sudah sah, yakni berlokasi di Penajam Paser Utara dan Kutai Kartanegara. Namun, tidak hanya di lokasi tersebut, karena beberapa kota sekitar ibu kota seperti Samarinda juga akan mendapat pengaruh pindahnya ibu kota baru.

Dengan begitu, Kota Samarinda akan menjadi kota penyangga ibu kota negara. Namun, sebagai kota penyangga, kira-kira apa saja keunggulan yang dimiliki Kota Samarinda?

Meski terletak di pulau yang tidak begitu padat penduduk, namun Samarinda ternyata memiliki banyak beragam pesona. Terlebih, kota yang memiliki luas wilayah 718 kilo meter persegi ini, justru menjadi kota paling ramai di Pulau Kalimantan loh.

Dan inilah beberapa keunggulan yang dimilik penyangga ibu kota baru di Kalimantan Timur nantinya:

1. Tempat Wisata Eksotis

Salah satu keunggulan dari Kota Samarinda sebagai penyangga ibu kota baru di Kalimantan Timur, adalah memiliki tempat wisata yang eksotis. Tempat wisata eksotis tersebut adalah sungai Mhakam yang membelah kota Samarinda menjadi Samarinda Kota dan Samarinda Seberang.

Tidak hanya sekadar sungai, tempat eksotis ini juga memiliki keindahan pemandangan di kala pagi dan sore hari. Maka tak heran jika sungai Mahakam selalu ramai pengunjung yang ingin menikmati pemandangan hingga berburu foto.

Selain itu, sungai Mahakam juga memiliki beragam fasilitas wisata menarik, salah satunya kapal wisata. Lalu sungai Mahakam ini juga memiliki agenda Festival Mahakam setiap tahunnya. Di mana festival tersebut menghadiri event olahraga serta budaya Kalimantan Timur, seperti yang akan di selenggarakan 1-3 November 2019 nanti.

2. Pusat Belanja dan Hiburan

Keunggulan kota Samarinda sebagai penyangga ibu kota baru di Kalimantan Timur selanjutnya adalah akan menjadi pusat belanja dan juga hiburan. Hal tersebut bisa terjadi karena Kota Samarinda memiliki pusat perbelanjaan berskala nasional yakni Big Mall.

Terletak di samping pusat belanja Samarinda Central Plaza, Plaza Mulia, Mall Lembuswana, serta Samarinda Square. Bahkan, di Big Mall terdapat salah satu departemen store besar yakni SOGO. Tidak hanya itu, di Big Mall juga terdapat bioskop, seperti CGV, 21 Cineplex, XXi dan Premiere.

3. Jadi Pusat Pendidikan

Selain tempat hiburan dan wisata, Kota Samarinda yang akan menjadi penyangga ibu kota baru di Kalimantan Timur ini juga memiliki pusat pendidikan. Di mana di Samarinda memiliki Universitas Mulawarman, yang menjadi kampus primadona warga Kalimantan Timur.

Selain Universitas Mulawarman, di Samarinda juga terdapat 4 universitas lainnya yang tidak kalah unggul, yakni Universitas Nahdlatul Ulama Kalimantan Timur, Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur, Universitas 17 Agustus 1945 serta Universitas Widya Gama Mahakam. Juga sekolah tinggi dan tentunya TK hingga SMA negeri dan swasta.

4. Hotel

Sebagai penyyang ibu kota baru di Kalimantan Timur, Kota Samarinda juga memiliki hotel-hotel yang berjaring nasional. Seperti Hotel Harris, Amaris, Aston, Swiss-Bell Borneo, Zoom Hotel, serta Midtown. Hotel-hotel tersebut juga terletak di tengah kota yang sangat strategis.

5. Tol Samarinda – Balikpapan

Tidak hanya di kota-kota di Pulau Jawa, di Kalimantan juga terdapat jalan TOL yang menghubungkan kota Samarinda dan Balikpapan yang terbentang sepanjang 99 kilometer. Sehingga, perjalanan akan lebih cepat mejadi 1,5 jam yang sebelumnya harus menempuh waktu 2-3 jam.

TOL tersebut juga menjadi TOL pertama di Kalimantan, dan sudah bisa digunakan selambatnya Desember 2019.

6. Bandara dan Terminal Peti Kemas

Sebagai penyangga ibu kota baru di Kalimanta Timur, Samarinda memiliki Bandara Aji Pangeran Tumenggung (APT) Pranoto yang terletak di sebelah utara. Karena terletak di tempat yang strategis, bandara tersebut juga tidak hanya memudahkan warga Samarinda, namun juga bagi warga Bontang, Sangatta, Melak, dan kota Tenggarong.

Untuk rute perjalanan pesawat yang ditempuh sementara ini adalah dari Samarinda ke Jakarta, Surabaya, Yogyakarta, Denpasar, dan Makassar, dengan menggunakan Boeing 737-800/900ER dan Airbus A320.

Nah itu dia beberapa keunggulan dari Kota Samarinda sebagai penyangga ibu kota baru di Kalimantan Timur, pengganti Jakarta nantinya. Dan hal-hal di atas semoga bisa memberikan gambaran ke depan.

Nah, untuk Anda yang ingin mengetahui fakta-fakta lain terkait pindahnya ibu kota baru ke Kalimantan Timur, Anda bisa baca informasi selengkapnya di link artikel berikut ini: https://www.cekaja.com/info/ibu-kota-baru-di-kalimantan-timur-ini-fakta-faktanya/.

Leave a reply "Bakal Jadi Penyangga Ibu Kota Baru, Ini 6 Keunggulan Kota Samarinda"