Tips Menjaga Kesehatan Anak di Musim Pancaroba

No comment 172 views
pancaroba

 

Cuaca yang panas di pagi atau siang hari, kemudian tiba-tiba hujan di malam harinya, merupakan tanda-tanda bahwa saat itu sedang memasuki musim pancaroba. Setidaknya inilah yang tengah terjadi di beberapa daerah di Indonesia. Apalagi Indonesia memiliki 2 musim, sehingga kondisi seperti ini cukup sering terjadi.

Musim pancaroba merupakan masa peralihan dari kemarau ke musim penghujan atau bisa juga terjadi sebaliknya. Pada musim peralihan seperti ini tubuh harus mampu menyesuaikan diri dengan suhu udara. Sebab, jika tubuh tidak siap dengan keadaan itu, maka bakteri dan virus akan sangat mudah menyerang tubuh, sehingga tubuh akan lebih mudah terserang berbagai macam penyakit. Biasanya anak-anak sangat rentan dengan kondisi cuaca yang seperti ini. Tubuh anak-anak akan sulit melawan infeksi bakteri dan virus, apalagi jika imunitasnya sedang lemah. Oleh karena itu penyakit paling sering menyerang anak-anak di kala musim peralihan ini tiba.

Nah, untuk menghadapi musim pancaroba seperti sekarang ini. Berikut beberapa tips yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan anak agar tidak mudah terserang penyakit di saat musim pancaroba.

1. Penuhi Nutrisi Tubuh

Salah satu cara bertahan agar anak tidak mudah diserang penyakit ketika memasuki musim peralihan adalah dengan cara meningkatkan imunitas tubuhnya. Imun ini bisa diperoleh dari makanan dan minuman yang sehat. Dengan mencukupi kebutuhan nutrisi si kecil, tubuhnya akan mampu melawan serangan bakteri dan virus penyebab sakit. Maka dari itu, pemberian makanan dengan gizi seimbang mutlak diperlukan.

2. Rutin Berolahraga

Tidak hanya orang dewasa saja yang butuh olahraga, anak-anak pun sebaiknya tetap melakukan olahraga sebagaimana orang dewasa lakukan. Anda bisa mengajak si kecil untuk berolahraga bersama Anda, misalnya berlari, jalan, bersepeda ataupun aktifitas lain yang menimbulkan keringat. Hanya butuh sekitar 30 menit saja untuk berolahraga. Dengan begitu tubuh anak menjadi lebih bugar dan tidak mudah lelah. Selain itu, rutin berolahraga akan membuat bakteri dan virus enggan untuk menyerang tubuh si kecil.

3. Konsumsi Vitamin/Suplemen Daya Tahan Tubuh

Selain pemenuhan nutrisi melalui makan dan minum yang sehat, memberikan vitamin/suplemen juga diperlukan untuk menjaga daya tahan tubuhnya. Apalagi terkadang nutrisi yang diperoleh dan makanan dan minuman belum mencukupi kebutuhan nutrisi harian, sehingga satu-satunya yang bisa dilakukan adalah dengan memberikan nutrisi tambahan dalam bentuk vitamin/suplemen.

4. Cukupi Air Putih

Membiasakan minum air putih minimal 8 gelas perhari sudah cukup baik untuk menjaga kesehatan tubuh si kecil. Apalagi saat cuaca sedang tidak menentu seperti sekarang ini, konsumsi air yang cukup dapat menjaga suhu tubuh tetap dalam kondisi normal.

Menikmati air putih juga bisa dilakukan dengan cara lain seperti dengan menambahkan potongan buah yang sudah didiamkan beberapa saat. Minuman seperti ini biasa disebut dengan nama ‘infuse water’. Selain dapat menambah kesegaran, dan rasanya jadi lebih disukai oleh anak-anak, meminum air putih dengan cara ini juga sangat baik untuk meningkatkan metabolisme tubuh, dan juga membantu mencegah infeksi akibat serangan bakteri dan virus.

5. Biasakan Mencuci Tangan

Hal selanjutnya yang juga tidak kalah penting untuk bertahan di musim pancaroba adalah dengan selalu mengingatkan si kecil untuk mencuci tangan sebelum makan. Seperti yang sudah diketahui, bahwa tangan merupakan jalan utama bakteri dan virus masuk ke dalam tubuh. Dengan membiasakan si kecil untuk cuci tangan sebelum makan atau sehabis dari toilet, maka sekurang-kurangnya dapat menghalau bakteri dan virus untuk masuk ke dalam tubuh.

Leave a reply "Tips Menjaga Kesehatan Anak di Musim Pancaroba"