Keuntungan Memiliki Kartu Kredit

No comment 57 views

Kartu Kredit

Di zaman yang serba cepat ini, menggunakan pembayaran non-tunai seperti kartu kredit atau yang sejenisnya bisa menjadi pilihan yang tepat. Selain lebih praktis karena tidak perlu membawa uang tunai setiap saat, yang tak kalah penting adalah keuntungan yang bisa diperoleh dari penggunaan (transaksi) yang dilakukan. Tak hanya itu saja, penggunaan kartu ini juga sangat luas. Banyak merchant yang menerima pembayaran dengan cara ini, sehingga kartu ini memiliki nilai yang lebih dibanding dengan jika melakukan pembayaran secara konvensional.

Berbeda halnya dengan kartu debit yang dimana Anda harus memiliki tabungan terlebih dahulu di bank tertentu baru bisa mendapatkannya, Kartu kredit tidak memerlukan hal itu. Untuk mendapatkan kartu ini tidak begitu sulit. Selama Anda memiliki penghasilan yang bisa dibuktikan dengan slip gaji, maka selanjutnya Anda hanya perlu mendatangai agen pembuatan kartu kredit di bank maupun di store-store tertentu. Bahkan jika Anda pergi ke mall ataupun tempat-tempat keramain, sering kali Anda akan ditawarkan untuk membuat kartu kredit. Jadi silahkan manfaatkan dengan baik. Nah, bagi Anda yang berencana ingin membuat kartu kredit, berikut beberapa keuntungan yang perlu Anda ketahui.

  1. Nyaman dan Tidak Merepotkan

Alasan utama mengapa banyak orang yang lebih memilih menggunakan kartu kredit adalah terkait masalah kenyaman. Membayar belanjaan atau keperluan lainnya memang lebih nyaman dibandingkan dengan cara konvensional. Anda tidak perlu lagi membawa uang tunai hanya untuk berbelanja seperti di mall atau toko-toko tertentu. Anda hanya perlu mengeluarkan selembar kartu, dan menggesekkannya pada mesin EDC yang terletak di meja kasir toko, maka semua belanjaannya sudah terbayarkan secara seketika. Dengan cara pembayaran seperti ini, tidak ada lagi istilah kekurangan uang yang memaksa Anda harus mencari ATM terdekat untuk mengambil uang. Yang terpenting limit kartu Anda masih mencukupi untuk membayar semua belanjaan Anda.

  1. Membantu dalam Mengevaluasi Pengeluaran

Permasalahan dalam menggunaan pembayaran secara tunai (konvensional) adalah terkadang pengeluaran kita tidak tercatat dengan baik dan akurat. Sehingga terkadang, jumlah pengeluaran tidak sesuai dengan kondisi yang sebenarnya. Berbeda halnya bila Anda menggunakan pembayaran dengan cara kartu kredit. Setiap bulannya, Anda akan menerima laporan penggunaan kartu pada bulan sebelumnya. Jadi seluruh pembelajaan Anda, tercatat dengan rinci yang biasanya akan di kirimkan ke email Anda. Namun ada beberapa perusahaan penyedia kartu kredit yang laporan transaksinya bisa di cek secara online melalui aplikasi. Sehingga Anda bisa lebih mudah melakukan pengecekan secara real-time.

  1. Dapat Digunakan untuk Keperluan Darurat

Keuntungan lainnya bila Anda memiliki kartu kredit adalah ketika sesuatu hal yang darurat terjadi pada Anda, sedangkan Anda sedang tidak membawa uang tunai atau jumlah yang dibebankan di luar kemampuan Anda. Maka pembayaran dengan cara kartu kredit bisa menjadi sebuah pilihan yang tepat.

  1. Pembayaran Cicilan Lebih Ringan

“Beli dulu, bayar nanti” ini memang prinsip dasar sebuah kartu kredit. Dengan kemudahan ini, Anda bisa membeli barang apapun yang sesuai dengan kebutuhan Anda, dan membayarnya secara cicilan ke pihak bank yang mengeluarkan kartu kredit. Tak hanya itu saja, besarnya cicilan juga bisa Anda negosiasikan sesuai dengan kemampuan bayar Anda. Bisa 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan, setahun dan seterusnya. Dan perlu Anda ketahui bahwa, cicilan yang Anda bayarkan sudah ditambahkan dengan bunga. Jadi selain membayar pokoknya, Anda juga harus membayar serta bunganya.

Leave a reply "Keuntungan Memiliki Kartu Kredit"